Recent Post



ITBHAS Bukittinggi MoU Dengan Beberapa Stakeholder, Sekaligus Seminar dan FGD Dalam Meraih Kompetensi Di Era Society 5.0 Selaras Dengan DUDIKA

Bukittinggi BN-News_Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim (ITBHAS) Bukittinggi pada hari Sabtu (5/11/2022) adakan penandatangan MoU dengan beberapa stakeholder, diantaranya dengan Rumah Kompetensi Indonesia, KADIN Sumbar, PT. Galeri 24 Pegadaian, PT. Pegadaian Area Padang & Jambi 

Dalam kegiatan MoU tersebut juga dilakukan acara Seminar dan FGD meraih Kompetensi di Era Society 5.0 selaras dengan Dunia Usaha dan Dunia Usaha Kerja (DUDIKA).

Kegiatan dihadiri Walikoa Bukittinggi Erman Safar, Kadis Tenaga Kerja Sumbar Ir. Nizam Ul Muluk, Rektor ITBHAS DR. Heliyani, Kadis Pendidikan Sumbar Balius, Direktur SDG's Unand Prof. DR. Elfindri yang juga Ketua Yayasan Indonesia Raya, Direktur PT. Galeri 24 Pegadaian Arifmon, Deputi Bisnis PT. Pegadaian Area Padang Januardi serta diikuti oleh Mahasiswa STBHAS, pelaku UMKM, dan tamu undangan lainnya.
Ketua Yayasan Indonesia Raya Prof. DR. Elfindri

Ketua Yayasan Indonesia Raya Prof. DR. Elfindri yang juga Direktur SDG's Unand ketika di wawancarai awak media mengatakan kegiatan seminar ini sangat perlu di adakan karena dalam rangka meningkatakan motivasi para mahasiswa dalam menggapai masa depan yang cerah.

Seminar ini akan banyak ilmu yang dapat diperoleh, saat ini memang pengangguran tamat perguruan tinggi relatif lebih rendah dari pada tamatan dari pada tingkat sekolah menengah.

Walaupun demikian peranan sebuah perguruan tinggi sangatlah penting, karena problem dilapangan tetap ada, sekarang problemnya lebih komplik, sebuah perguruan tinggi harus bisa berperan lagi dalam meningkatkan kualitas kemampuan bagi tamatannya, perancangan yang baik bagi Institutnya, dosen, serta sistem pembelajarannya, harus lebih ditingkatkan supaya pengganguran tamatan dari perguruan tinggi bisa di tekan.

Hal tersebut ITBHAS berperan dalam berbagai hal ketika dikampus serta Kegitan ilmu pengetahuan yang di dapat dari kegiatan seminar, hal ini akan menambahkan lebih nanti ketika mencari sebuah pekerjaan.

Intinya dalam kegiatan ini merupakan peran penting Perguruan Tinggi dalam dunia kerja yang harus dibekali dari awal pendidikan di kampus untuk kedepannya supaya bisa mengiringi perubahan Era Society 5.0 jelasnya.
Rektor ITBHAS Dr. Heliyani.,S.E, M.M

Senada juga disampaikan oleh  Rektor ITBHAS  Heliyani saat dikonfirmasi, kegiatan ini merupakan kerjasama beberapa pihak antara lain Pegadaian, Galeri 24, UMKM, Kadin serta pemerintah Provinsi Sumbar dan Kota Bukittinggi itu digelar di Gedung Tri Arga Istana Bung Hatta, Bukittinggi, untuk menyelaraskan dunia kerja dengan perkembangan teknologi saat ini ucapnya.

"Kita ingin bagaimana adanya pentahelix dunia usaha dengan pendidikan termasuk juga media melakukan kolaborasi peningkatan SDM hingga menimbulkan semangat membuka wawasan kepada akademisi dan pelaku ekonomi terutama di bidang UMKM ," ujarnya

Banyak informasi yang di dapat, jadi bisa membuka cakrawala mahasiswa karena 
seminar juga hadir walikota Bukittinggi, dinas ketenga kerjaan provinsi yang mewakili gubernur Sumatera barat.

Dalam Seminar ini Mahasiswa yang banyak hadir terutama bidang prodi bisnis digital, di ITBHAS ini mempunyai 5 prodi diantarnya Parodi manajemen S2, kemudian S 1 Akuntansi, S1 Manajemen, S 1 Bisnis Digital, dan program studi diploma D3 Akuntansi.

Dahulunya perguruan tinggi ini terkenal dengan STIE Haji Agus Salim Bukittinggi yang berdiri sejak 1985 kemudian April tahun 2021 berobah menjadi Institut Tekhnologi dan Bisnis Haji Agus Salim ( ITBHAS ) Bukittinggi hingga sekarang ujarnya.

Panitia Pelaksana Dona Amelia juga sampaikan Memang dari perguruan tinggi untuk selalu menganjurkan  berkolaborasi terutama sekali dalam meningkatkan potensi ekonomi, dan mengedukasi  masyarakat.

Jadi dari perguruan tinggi tangung jawab moral dan sosial dalam mendorong dan memaksimalkan dan menjalin kemitraan sebanyak mungkin terang Dona.

Pada kesempatan itu Wikota Bukittinggi Erman Safar juga sampiakan motivasi kepada mahasiswa serta pelaku UMKM yang hadir, Ia ceritakan terkait sejarah dirinya, bahwasanya pada usia muda Ia sudah jadi pengusaha, hal ini disampaikannya dalam rangka memotivasi para generasi muda khususnya mahasiswa yang hadir dan juga para pelaku UMKM untuk selalu termotivasi mengikuti perkembangan zaman dalam berbisnis.

Zaman sekarang merupakan zaman digitalisasi, para pelaku UMKM serta mahasiswa harus menggali Ilmu lebih banyak lagi suapya tidak ketinggalan zaman nantinya, karena persaingan bisnis saat ini cukup berat, generasi muda harus menguasai IT.

Senada juga disampaika, Kadis Tenaga Kerja Sumbar Nizam Ul Muluk Dt. Bandaro Sati Sampaikan, kita harus hati hati sikapi era digitalisasi diketahui berbisnis 40 persen dengan pengangguran 6,17 % didominasi tamatan SMK dan Diploma.

Dalam Society 5.0 dimana komponen utamanya adalah manusia yang mampu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi agar dapat meminimalisir kesenjangam pada manusia dan masalah ekonomi dikemudian hari, Selanjutnya bagi Dunia Usaha dan Dunia Usaha Kerja (DUDIKA) kehadiran lembaga Pendidikan dan infrastruktur penunjan menjadi salah satu kunci dalam melahirkan penduduk usia produktif pungkasnya ***

Pewarta :stm 

Posting Komentar

0 Komentar