Recent Post



Mahasiswa KKN Unand Serahkan Jahe Permen Agar Tingkatkan Daya Tahan Tubuh pada Anak Nagari Muaro Pingai

MUARO PINGAI, BN News - Mahasiswa KKN Unand menyerahkan permen jahe kepada salah seorang anak di Nagari Muaro Pingai, Solok, Sabtu (12/08/2023).

Memasuki 33 hari masa pengabdian, mahasiswa KKN Unand terus berupaya memaksimalkan pengabdian di Nagari Muaro Pingai, Solok.

Usaha tersebut dilakukan guna untuk mencapai tujuan yang diharapkan dapat terintegrasi secara positif kepada masyarakat.

 Berdasarkan hal itu, mahasiswa KKN Unand melakukan berbagai terobosan dan inovasi.
Salah satu inovasi yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN Unand ialah pemanfaatan tanaman jahe sebagai permen yang dapat dikonsumsi. 

Selain disukai oleh anak-anak, pemanfaatan permen jahe diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan pada anak-anak, seperti mengatasi batuk dan pilek.
Setelah memproduksi permen jahe, mahasiswa KKN Unand melakukan pendistribusian kepada anak-anak yang dilaksanakan pada Sabtu, (12/08/2023).

 Pembagian permen tersebut juga diselingi dengan kegiatan intervensi stunting kepada anak-anak yang teridentifikasi memiliki gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Kegiatan intervensi stunting tersebut dilakukan dengan memantau tumbuh kembang anak sekaligus membagikan makanan yang bergizi.
“Permen jahe ini kami buat sebagai alternatif untuk memperkuat sistem imun pada anak, selain itu juga untuk mengurangi reaksi alergi yang terjadi karena adanya peradangan dalam tubuh”, ungkap Husna selaku mahasiswa KKN.
Pemanfaatan tanaman jahe sebagai permen merupakan sebuah alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada anak. Dipercaya sebagai obat herbal, jahe juga dapat bermanfaat sebagai pencegah berbagai penyakit seperti: mual-mual, kepala pusing, masuk angin, dan sebagainya. 

Permen jahe dalam kemasan
Permen jahe yang diproduksi oleh mahasiswa KKN Unand tersebut terdiri atas jahe, gula, serai, madu, jeruk nipis, dan air.

 Komposisi tersebut ditakar sebaik mungkin sehingga memiliki rasa yang enak dan tidak menghilangkan khasiat jahe itu sendiri. Permen jahe tersebut diproduksi dengan berbagai percobaan sampai menemukan rasa yang tepat. 

“Produksi permen jahe ini sudah melalui banyak percobaan hingga akhirnya kami menemukan rasa yang pas untuk dimakan”, kata Rika (salah seorang mahasiswa). 

Dalam program KKN tersebut, Prof. Elsa Eka Putri, selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) dan meninggalkan pesan bahwa mahasiswa harus kreatif memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Prof. Elsa juga berpesan bahwa setiap program kerja yang dirancang harus menyasar kepada masyarakat yang membutuhkan. 
Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Unand merancang sebuah program kerja dengan memanfaatkan jahe sebagai permen yang bermutu. 

Produksi permen tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada anak sehingga dapat terhindar dari segala macam penyakit.


Pewarta : 007/008/Penulis
Ahmad Zikri  Ketua KKN Unand Nagari Muaro Pingai.

Posting Komentar

0 Komentar