Recent Post



Jika Ada Keraguan Arah Kiblat, Masjid Maupun Mushallah Tim BHR Kementrian Agama Bukittinggi Bersedia Ukur Ulang

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H Eri Iswandi.

Bukittinggi BN-News_
Jika ada keraguan arah Kiblat Rumah Ibadah Umat Islam, Seperti Masjid atau Mushallah,  Kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi bersedia melakukan tes ulang arah Kiblat, dengan menggunakan tenaga kerja dari Kementerian Agam Kota Bukittinggi, namanya Badan Hisab Rukyat (BHR), hal tersebut disampaiakan oleh Kakan  Kemenag Kota Bukittinggi H Eri Iswandi pada hari Kamis (24/8/2023) di ruang kerjanya.

Tim BHR bisa untuk menentukan mengukur arah kiblatnya tempat ibadah,  baik Masjid maupun Mushallah , apa sudah betul atau belum.

Jika Mushallah atau Masjid sudah berdiri, nanti akan  menyesuaikan tikarnya untuk menghadapi arah Kiblat, kalau rumah ibadahnya mau berdiri bisa Kita sesuaikan berdirinya,  itu diukur arah kiblatnya dulu baru di situ ditentukan titik koordinat untuk pelaksanaan ibadah.

Memang setiap bulan ada kegiatan itu,  tergantung permintaan masyarakat,  kalau masyarakat atau  pengurus masjid ataupun  Mushallah meminta untuk mengukur ulang,  jika ragu arah kiblat, kami akan bantu, Tim BHR dari Kemenag Bukittknggi akan datang kelokasi, berdasarkan permintaan, ujar Eri Iswandi.

" jadi untuk mengukur ulang ataupun yang baru, itu berdasarkan permintaan Masyarakat atau pengurus masjid maupun Mushallah, jadi kita menunggu masyarakat atau pengurus memminta kami" ujarnya.

Di kota Bukittinggi memang telah banyak yang meminta untuk mengukur ulang arah kiblat, ternyata yang meminta itu ada yang sudah diukur itu pas, banyak yang sudah  pas dan  memang ada satu dua tempat ibadah  yang belum pas, kalau belum pas itu memang kita sarankan untuk menyesuaikan dan mengatur  shafnya diluruskan lagi sesuai ketentuan hasil  yang telah dilakukan.

Kita menghimbau juga masyarakat,  mungkin untuk pengurus masjid atau Mushallah,  kami mengajak jika  kalau ada keraguan tentang arah kiblatnya, silakan untuk mengajukan permintaan pengukuran ke kementerian agama, nanti akan kami tugaskan personil untuk melakukan pengecekan kelapangan, pungkasnya.***

Pewarta :stm

Posting Komentar

0 Komentar