Recent Post



Setelah Enam Tahun Absen, Alek Khatam al-Qur'an se-jorong Sarilamak Sukses Terlaksana

Arak-arakan pawai taŕuf peserta wisuda Iqro´, wisuda Tahfiz 1 & 2 Juz, Khatam al-Qurán tingkat SD, SMP dan SMA se-jorong Sarilamak bertempat di Masjid Nurul Yakin dusun Kandang Lamo pada Senin (3/7/2023)

LIMAPULUH KOTA, BN-News - ¨Dalam kegiatan Khatam al-Qurán ini kita jangan terpaku kepada serimonial belaka, karena itu hanya alek-alek saja, kita harus menjaga substansinya, hakikat tujuan mempelajari al-Qurán itu, yaitu memasukkan al-Qurán ke dalam dada dan mengamalkannya" kata H. Syafrijon S.Ag, MA mewakili Kemenag dan MUI Limapuluh Kota memberi sambutan pada acara Khatam al-Qurán se-jorong Sarilamak di masjid Nurul Yakin Kandang Lamo pada Senin (3/7/2023).

Sedangkan ketua DPRD Kab. Limapuluh Kota Deni Asra S.Si., Dt. Rajo Simarajo dalam sambutannya menyampaikan ¨Pemerintah sangat mendukung kegiatan-kegiatan agama adat dan budaya seperti ini. Melalui APBD, secara terbatas pemerintah ada menganggarkan dana untuk pelaksanaan program-program tersebut seperti pengadaan honor guru mengaji, honor garin, pembiayaan Rumah Tahfizd dan lain-lain supaya Visi Limapuluh Kota terwujud."

Visi kabupaten Limapuluh Kota adalah ¨Mewujudkan Lima Puluh Kota yang Madani, Beradat dan Berbudaya dalam Kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah¨ dan Misi ¨Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan.¨ 

¨Perayaan khatam al-Quran bukanlah akhir dari membaca, mempelajari serta mengamalkannya, jangan sampai setelah ini anak-anak kita tidak membaca al-Quran lagi, mari jadikan perayaan ini sebagai motivasi untuk terus dan selalu membumikan ayat –ayat Allah S.W.T." harap ketua panita acara Khatam al-Qurán ini Budi Febriandi, SP .


Hampir 7 tahun absen, Masyarakat gelar acara Khatam al-Qurán Gabungan se Jorong Sarilamak

Betapa banyak keutamaan membaca dan mengkhatamkan al-Quran, di antaranya adalah; didoakan Malaikat, do´anya mustajab, mendapat rahmat, diangkat derajatnya oleh Allah SWT., amalan yang dicintai Allah, dan sebagai syafaat pada hari Kemudian.

Setelah 6 tahun absen, dalam rangka momen hari raya Idul Adha 1444 H dan libur sekolah, masyarakat jorong Sarilamak menggelar haflah Khatam al-Qurán pada Senin (3/7/2023).

¨Sejak saya menjabat sebagai wali nagari di Sarilamak (periode 1 dan 2), hampir 7 tahun, baru kali ini kita bisa melaksanakan acara Khatam al-Qurán. Hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi pandemi Covid-19 tentunya" kata Wali nagari Sarilamak Olly Wijaya. SE., Dt. Kali Nan Putiah ketika melepas pawai arak-arakan pagi Senin (3/7/2023) itu.

Karena sudah sekilan lamanya tidak dilaksanakan kegiatan Khatam al-Qurán sehingga dalam acara Khatam kali ini ada peserta yang sudah menduduki bangku SMA dan SMP.

Kegiatan Khatam al-Qurán mulai dari sekarang akan diadakan oleh jorong, tidak lagi oleh masing-masing TPQ atau TPA seperti sebelum-sebelumnya. Sebabnya adalah karena bila dilaksanakan sendiri-sendiri akan banyak kendalanya seperti biaya dan lain sebagainya.

Sebelumnya ketika rapat bersama yang dihadiri oleh utusan guru-guru TPQ se jorong Sarilamak, wali-wali Murid Peserta Haflah, panitia, pengurus masjid, kepala dusun dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya pada malam petang Ahad, 28 Mei 2023 ketua panita Budi Febriandi mengatakan "bahwa acara Alek Nagari Khatam Qur'an sejorong Sarilamak ini adalah perpaduan acara keagamaan dan budaya dimana akan digelar arak-arakan yang memperlihatkan budaya dan adat Sarilamak."

"Acara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempersatukan TPQ, RQ, MDTA dan dusun-dusun se jorong Sarilamak, juga karena selama Covid-19, tidak ada sama sekali dilaksanakan kegiatan Khatam Qur'an." katanya

Pagi itu sekitar 80-an santriwan-santriwati yang berasal dari berbagai TPQ, TPA, MDTA dan RQ di jorong Sarilamak diarak keliling kampung dipayungi oleh orang tua masing-masing, yang terdiri dari 9 orang peserta wisuda Iqro´, 35 orang peserta Khatam al-Qurán tingkat SD, 28 orang peserta Khatam al-Qurán tingkat SMP dan ada 8 orang peserta Khatam al-Qurán tingkat SMA, diantaranya ada peserta Wisuda Tahfizd 2 juz sebanyak 5 orang, dan yang hafal 1 juz sebanyak 11 orang.

Pawai arak-arakkan dimulai pukul 8 pagi sampai pukul 10.00 Wib. menempuh jarak 1.5 Km dari masjid Nurul Yakin Kandang Lamo keluar melewati Ponpes al-Kausar ICM Lukman Harun, Purwajaya terus belok ke kiri melewati mushalla Nurul Jannah Kandang Lamo kemudian perum Griya Sumatera dan finis kembali di halaman masjid Nurul Yakin dengan iringin Marching Band dari MAN 1 Payakumbuh.

Para peserta acara nampak berpakaian khas, ibu-ibu memekai Baju Basiba dengan Tengkuluk Kompong dan bapak-bapak memakai baju Gunting Cino dengan lilitan kain sarung di leher.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari tokoh-tokoh masyarakat. Nampak hadir pada acara tersebut wali nagari Sarilamak Olly Wijaya. SE., Dt. Kali Nan Putiah beserta perangkat nagari, kepala jorong sampai kepala-kepala dusun. Tokoh Masyarakat Elfal Umar, Ketua BAMUS, ketua KAN, ketua MUNA, Bundo Kanduang, LPM, Karang Taruna, Kepala KUA Harau Gunawan Bulfi, Buya H. Syafrijon, S.Ag., M.Pd mewakili MUI Limapuluh Kota dan Kepala Kantor Kemenag Kab. Limapuluh Kota, Kapolsek, Babin Kantibmas, Ketua DPRD Kab. Limapuluh Kota Deni Asra S.Si., Dt. Rajo Simarajo.

Setelah shalat dan makan siang, acara dilanjutkan dengan prosesi wisuda Iqro' dan wisuda Tahfizd kemudian pengumuman pemenang peringkat juara dari masing-masing cabang kegiatan dilanjutkan pembagian hadiah. Setelah shalat Ashar acara masih berlanjut pembangian hadiah kenang-kenangan untuk seluruh peserta dan gotong-royong membersihkan sampah, mencuci piring, membuka tenda, menyusun kursi, meja dan membagi-bagi sambal yang berlebih, dibungkus dengan plastik lalu dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Hadiah utama dari masing-masing cabang kegiatan ditanggung oleh sponsor berupa trofi, meja belajar, lemari pakaian, Box Container plastik serta tas sekolah.

Makan siang disuguhi nasi dengan macam-macam sambal seperti gulai Cancang Sapi, Cancang Kambing, telur bulat goreng balado merah, gulai Cubadak, ikan goreng, Pongek, kerupuk balado ditambah lalapan buncis dan irisan Mentimun.

Teristimewa disini adalah masakan Gulai Cancang yang enak, hasil sembelihan sapi sumbangan dari Bupati Limapuluh Kota H. Safaruddin, S.H., Dt. Bandaro Rajo ditambah beberapa ekor kambing. Yang dimasak langsung oleh panitia warga dusun Kandang Lamo, pak Dodi adik kepala Dusun. ¨Cancangnya enak di lidah dan bersahabat pula dengan perut, bumbunya tidak tajam, ada pula kita makan gulang cancang, enak di lidah, namun setelah sampai di perut bikin perih usus, sampai mules mencret-mencret" komentar salah seorang hadirin.

Sebagai cemilan, para hadirin disuguhi dengan hidangan Kerupuk Mie Kuah Sate dua karung plastik besar. Para hadirin berganti-ganti mendatangi meja panitia minta dibuatkan Karupuak Kuah. Karena ketagihan banyak yang berulang-ulang datang mintak tambuah. Bosan mengambil satu porsi, ada yang membawa piring untuk diambilkan beberapa porsi Karupuak Kuah untuk dimakan bersama-sama.

Karena halaman masjid kurang mencukupi, panitia diizinkan oleh nagari untuk memakai jalan kampung untuk mendirikan tenda-tenda dan pentas. Sebagian dipakai oleh pedagang keliling untuk berjualan menyemarakkan acara.

 

Ujian Khatam Al-Qurán dari Kemenag

Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Alquran dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya. (Hadis Riwayat Muslim).

Sebelum perayaan Khatam al-Qurán pada Senin, 3 Juli 2023 ini dilaksanakan, sebelumnya sudah dilaksanakan ujian untuk masing-masing cabang dan tingkatannya. Tim penguji berjumlah 4 orang dari kantor KUA kecamatan Harau. 

Untuk ujian Tahfizd 2 Juz dan 1 Juz dilaksanakan pada Ahad, 18 Juni 2023, ujian Iqro'dan Khatam al-Qurán tingkat SD, SMP dan SMA dilaksanakan pada hari Senin, 19 Juni 2023.

Materi ujiannya untuk peserta wisuda iqra adalah bacaan Iqra, 5 Surat pendek, 5 doa harian dan 5 hadis, dan bacaan shalat. Sedangkan untuk peserta Khatam al-Qurán yang diuji adalah; bacaan Alquran, surahnya juri yang menentukan, 10 surah pendek, 10 doa harian, 10 hadist, bacaan shalat fardhu, bacaan shalat jenazah, Adzan dan Iqamah.

Diantara pilihan hadist-hadist yang dihafal oleh peserta ujian adalah; 1. Hadits tentang Shalat tiang agama (asshalatu 'imaduddiin). 2. Hadits tentang kebersihan ( Attuhuru sat'rul iimaan). 3. Hadist tentang rasa malu ( al-ahya u minal imaan). 4. Hadits tentang berbakti kepada kedua orang tua ( ridhallahi fi ridalwalidain wasukhtullahi fi sukhtilwalidain). 5. Hadits tentang dilarang marah (la taghdab wa lakal jaannah). 6. Hadits larangan makan dan minum berdiri ( laa yassrabanna ahadumminkkum qaaimaan). 7. Hadist keutamaan senyum ( tabassumuka fi wajhi akhika shadaqah). 8. Hadits tentang kasih sayang (manla yarham laa yurham). 9. Hadits tentang pintar ( Kun áliman walatakun jahilan). 10. Hadits tentang menuntut ilmu (talabul 'ilmi faridhatun 'ala kulli muslimin).

Beberapa hari setelah itu semua peserta mengikuti Tasmi' yaitu memperdengarkan bacaan al-Quránnya di atas mimbar. Istilah kesehariannya adalah ¨Basimak¨.

Kegiatan basimak ini juga dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari Sabtu tanggal 24 Juni 2023 untuk Tahfizd dan hari Ahad, 25 Juni 2023 untuk Iqro' dan Khatam al-Qurán. Untuk basimak ini yang dites adalah; untuk tingkat SD surah Al-Baqarah ayat 153-157, untuk tingkat SMP dan SMA surah Asshaffat ayat 114-124

Acara basimak ini sama dengan MTQ, setiap penampilan dinilai oleh dua orang juri. Jumlah nilai akan direngking untuk menentukan juaranya. Pada acara perayaan pada Senin (3/7/2023) dibagikan hadiahnya.

 

Kemenag Limapuluh Kota telah menyusun Standar Penyelenggaraan Khatam Al-Quran.

Sebagaimana dilansir dari sumbar.kemenag.go.id pada 28 April 2021 ¨Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota telah menyusun Standar Penyelenggaraan Khatam al-Qurán. Hal itu disampaikan pada kegiatan Pembinaan Tim Penguji Kompetensi Peserta Khatam al-Quran Se-Kabupaten Lima Puluh Kota yang diikuti oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Non PNS yang tersebar di tiga belas Kecamataan yang ada di aula Kemenag Limapuluh Kota Tanjung Pati pada 28/4/2021.¨

Kakan Kemenag Limapuluh Kota ketika itu H. Naharudin menyampaikan "Kegiatan pembinaan ini merupakan langkah awal untuk memastikan kompetensi kualitas peserta Khatam Al-Quaran di Kabupaten Lima Puluh Kota memiliki satu standar ukuran yang jelas serta dapat diukur secara bertahap.¨

¨Disamping itu juga perlu diperhatikan bahwa prosesi Khatam Al-Quran telah berbaur secara apik dengan budaya dan tradisi yang ada di masyarakat yang terkadang sulit dipisahan.¨

¨Standar Penyelenggaraan Khatam Al-Quaran disusun dengan memperhatikan subtansi ajaran Khatam Al-Quran dengan tetap memperhatikan kearifan budaya lokal, yang hidup dan berkembang ditengah masyarakat selama tidak bertentangan dengan prinsip Aqidah.¨

¨Pada kegiatan itu dilahirkan satu dokumen standar Penyelenggaraan Khatam A-Quaran mulai dari tahap pembelajaran, tahap pengujian sampai pada tahap prosesi kegiatan wisuda Khatam Al-Quran itu sendiri, hal tersebut dilakukan agar kualitas serta mutu dari kegiatan Khtam Al-Quran memiliki standarisasi yang jelas dan terukur.¨

¨Standar Penyelengaraan Khatam Al-Quran ini tidak ditujukan untuk penyeragaman kegiatan Khatam Al-Quran, standar ini lebih menekankan pada aspek subtantifnya, sementara yang diluar itu tentu bisa disesuaikan dengan tradisi setempat selama tidak menghilangkan subtansi Khatam Al-Quaran.¨

Pewarta : F. Malin Parmato


 

Posting Komentar

0 Komentar