Recent Post



Uji Publik Rancangan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD Kota Solok Pemilu Tahun 2024

SOLOK KOTA, BN News - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok Sosialisasi perlunya Media masa sangat berperan penting dalam keterlibatannya ditengah politik dan pemerintah daerah.

Kegiatan yang digelar KPUD Kota Solok itu berlangsung selama dua hari,  14 /15 Desember 2022, di Hall Hotel Taufina Kota Solok.

Tampak hadir ketua KPUD Kota Solok, Asraf Danil Handika serta  jajarannya, serta ketua Program Studi Ilmu Politik FISIPOL UM Sumatera Barat, Didi Rahmadi sebagai Nara Sumber , Kabid IKP Alwa Dudi dan Awak media Cetak & Online.


Ketua KPUD Kota Solok Asraf Danil Handika dalam sambutan  pada Prinsip Penataan Dapil dan Alokasi Kursi berdasarkan peraturan KPU RI nomor 6 tahun 2022. Kota Solok hanya satu opsi karena hanya terdiri atas dua kecamatan. Secara aturan seharusnya ada dua opsi, namun opsi itu menjadi terbatas karena daerah kecil yang hanya memiliki Jumlah penduduk sebanyak 77.535 ribu jiwa.

Selanjutnya Didi Rahmadi menyampaikan,
Media masa adalah pilar ke 4 dalam demokrasi, tumbuhnya media masa secara siknifikan, menandakan adanya keleluasaan masyarakat untuk beraspirasi dan dijamin oleh negara.


Sementra itu dari sisi teknologi dan pendanaan, mempergunakan media online untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan, juga tidak memerlukan kost yang tinggi, serta sajian yang diberikan tidak terbatas dan begitu luas dan mudah untuk diakses, sehingga bersifat Adiktif, dan menjadikan Internet dan media sosial sebagai kebutuhan wajib.



Harapannya Media masa dalam politik adalah sebagai sumber informasi dan Corong  penyambung lidah pemerintah dan instansi lainnya,serta untuk memudahkan proses komunikasi dari pemerintah kepada masyarakat.

Dimana Media masa juga berfungsi sebagai pendidik untuk memunculkan kesadaran politik  agar ikut aktif dalam menyuarakan aspirasi masyarakat.

Adapun Media masa juga berfungsi Watchdop (Pengawas), dalam hal ini Media masa berperan penting dalam mengawasi setiap tindakan pemerintah terutama kebijakan dan eksen yang diluar batas kewajaran, dan kesewenang wenangan. Media masa wajib mengkonfirmasinya dan memberitakan untuk publik.

Kepada pemerintahan Kota Solok tidak boleh tidur lelap, jangan sampai lupa dengan tupoksinya, maka media masa harus diawasi dan dikritisi ”tegasnya Didi.


Lebih lanjut Didi, ada beberapa prinsip dalam penataan Dapil, harus memahami bahwa dapil merupakan Medan tempur bagi para Caleg, memperhatikan secara profesional terhadap sebaran Kursi agar berimbang, dan Non Diskriminasi, yang merupakan hal yang sangat penting untuk mengakomodir aspirasi masyarakat.

Gadget Lumrah karena penggunaan perangkat teknologi komunikasi yang sangat masif. Fast Improvement, penetrasi internet cepat dan memiliki jangkuan yang sangat luas, sehingga menumbuhkan peminat yang cukup besar di Indonesia.ujarnya

Diakuinya, pada era sekarang ini masyarakat Indonesia lebih cendrung merespon media online untuk konsumsi berita yang dibutuhkannya. Media online dipandang memiliki beberapa kelebihan dibanding media cetak.

Diantaranya keuntungan mengelola dan mengkosumsi media online , ICT Kuat, Strategis, dan Potensial, hal itu terbukti dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga secara instan dapat mempengaruhi sikap  orientasi seseorang ,Pungkasnya Didi Ramadi.


Pewarta : 007/008

Posting Komentar

0 Komentar