Mengatasi masalah sampah diantaranya adalah pemilahan sampah pada tempat sampah 3 Warna.
Photo: Ilustrasi. Sumber: google.

Agam, BN News - "Diantara Langkah krusial dalam mengatasi masalah sampah dan dampaknya terhadap lingkungan adalah pemilahan sampah dan penerapan prinsip 3R. Dengan adanya kesadaran dan komitmen masayarakat untuk mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah, insyaallah kita akan dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan berkelanjutan" demikian kata Arif Rahman Syakbana mahasiswa Unand yang baru selesai KKN kepada redaksi BN-News pada Selasa (29/08/2023).

"Pemilahan Sampah dan Penerapan 3R" ini adalah diantara program-program yang dilaksanakannya bersama Mahasiswa Unand lainnya ketika melaksanakan program KKN PPM di nagari Sungai Puar, kecamatan Palembayan, kabupaten Agam, Sumatera Barat beberapa Minggu lalu, sejak 11 Juli 2023 sampai 21 Agustus 2023.

Sosialisasi mengenai pemilahan sampah dan penerapan prinsip 3R itu telah dilakukan oleh mahasiswa KKN PPM Unand di 3 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Nagari Sungai Puar tersebut sejak Jum'at, 28 Juli 2023 - Kamis, 10 Agustus 2023.  

Mahasiswa KKN PPM Unand 2023 di nagari Sungai Puar, kecamatan Palembayan, kabupaten Agam, Sumatera Barat 
"Acara tersebut diikuti oleh murid-murid SD dari kelas 1 sampai kelas 6. Ketika penyampaian materi mengenai pemilahan sampah ini, para peserta nampak mengikutinya dengan sangat aktif dan bersemangat untuk bertanya, sehingga mereka dapat memahaminya dengan baik." urai Arif.

"Sosialisasi yang diadakan berjalan dengan lancar dan kondusif. Adanya edukasi tentang pentingnya pengelolaan sampah serta fasilitas pengumpulan sampah yang tepat ini, diharapkan dapat mendorong perubahan perilaku positif sejak usia dini." harap Arif.

Lebih jauh dalam rilisnya Arif memaparkan "dalam era modern ini, masalah pengolahan sampah menjadi semakin kompleks. Seiring dengan pertumbuhan populasi yang semakin meningkat, upaya untuk mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan menjadi semakin penting, salah satunya melalui pemilhaan sampah dan penerapan 3R, yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur ulang)."

"Hal ini membahas tentang pentingnya pemilahan sampah dan bagaimana prinsip 3R dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Pemilahan sampah merupakan tahap awal dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan dengan memisahkan sampah berdasarkan jenisnya, kita dapat memfasilitasi proses pengolahan lebih lanjut."

"Sampah umumnya dikelompokkan menjadi organik, anorganik dan berbahaya (B3). Pemilahan sampah ini dilakukan di rumah tangga, tempat kerja, dan fasilitas umum dengan tambahan adanya jenis tempat sampah untuk jenis – jenis sampah yang ada di sekitar kita, dengan sampah organik memiliki tempat sampah bewarna hijau, sampah anorganik memiliki tempat sampah bewarna kuning, dan untuk sampah B3 dengan tempat sampah warna merah."

"Penerapan 3R, yaitu Reduce (mengurangi) adalah upaya mengurangi sampah di sumbernya merupakan langkah paling efektif dalam prinsip 3R. Penggunaan tas kain untuk berbelanja merupakan contoh penerapan 3R. Reduce, yaitu menggunakan kembali barang –barang yang masih layak pakai seharusnya tidak langsung dibuang. Menggunakan kembali kantong plastik, botol minuman, atau peralatan lainnya dapat membantu mengurangi permintaan atas barang baru dan mengurangi sampah. Recyle, yaitu mendaur ulang sampah yang dapat didaur ulang, seperti kertas, plastik, logam, dan kaca, sebaiknya dikumpulkan dan diolah kembali menjadi produk baru. Mendaur ulang itu, membantu mengurangi penggunaan sumber daya alam dan energi."

"Manfaat penerapan prinsip 3R dengan meminimalkan sampah dan mendorong daur ulang, Prinsip 3R membantu mengurangi pencemaraan tanah, air, dan udara yang diakibatkan oleh pembuangan sampah." pungkasnya.

Kontributor: Arif Rahman Syakbana
Editor: Malin / Redaksi