Recent Post



Komisi III DPRD Kota Solok Tekankan Inflasi Demi terwujudnya Ketahanan Pangan di Pemerintahan Daerah

SOLOK, BN News - Guna menekan inflasi demi terwujudnya ketahanan pangan terutama terpenuhinya beras masyarakat, Komisi III DPRD kota Solok kembali menekankan kepada pemerintah daerah untuk maksimal dalam pengendaliannya.

Hal itu diungkapkan oleh ketua Komisi III, Yoserizal dalam rapat kerja (Raker) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra kerjanya, Selasa, 24 Januari 2023, di ruangan komisi III DPRD kota Solok.

Tampak  hadir dalam Raker itu sekretaris Komisi III, Hj.Rika Hanom.S.Pd dan Anggota Komisi III Nasril In Dt Malintang Sutan.SH dan Wazadly.SH. Sementara itu dari pemerintah daerah dihadiri oleh 
Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Direktur  PDAM kota Solok.

Menurut Yoserizal, ketahanan pangan dan menekan angka kemiskinan adalah dua dari sekian banyak tugas penting dan urgen yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Oleh sebab itu, sinergitas yang terbangun antara pemerintah daerah dan unsur terkait lainnya yang tergabung dalam tim pengendalian inflasi  harus diperkuat. 

Dikatakannya, pemerintah atau tim pengendalian inflasi harus memperkuat identifikasi sumber tekanan inflasi melalui pemanfaatan data makro dan data mikro serta pemanfaatan data detail.

Selain itu, ketua komisi III juga berharap agar pemerintah daerah atau tim pengendalian inflasi dapat memperluas kerjasama antar daerah, guna mengurangi disparitas pasokan dan harga antar wilayah. 

" Untuk pengendalian inflasi, juga harus dilakukan  pengidentifikasian wilayah surplus, dan defisit serta menjadi fasilitator untuk.mendorong kerjasama antar daerah " papar Yoserizal.

Sementara itu dari keterangan  unsur Dinas Pangan kota Solok mengatakan, untuk ketahanan pangan khsusunya stok beras yang dimiliki adalah sebanyak 39 ton pada tahun 2022 lalu, dan pada 2023 ini telah bertambah sebanyak 5 ton.

Kemudian dikatakannya, pemerintah daerah kota Solok melalui dinas pangan setempat, akan terus berupaya dan bersinergi untuk pengendalian inflasi di daerah setempat.

Pewarta : 007/008

Posting Komentar

0 Komentar