Recent Post



Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam Lampaui Target PNBP 2022.

Foto Istimewa Humas Imigrasi 

Agam BN-News_ Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam lampaui target PNBP 2022. 

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam memiliki tugas, fungsi, dan peran dalam rangka memberikan pelayanan Keimigrasian kepada Warga Negara Indonesia dan Orang Asing serta pengawasan dan penegakan hukum Keimigrasian di wilayah kerja 5 (lima) Kabupaten dan 3 Kota diantaranya Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten 50 Kota.
Sedangkan 3 (Tiga) Kota meliputi Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, dan Kota Payakumbuh.

Selama periode tahun 2022 Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam telah melaksanakan capaian kinerja di bidang pelayanan keimigrasian, pemberian informasi keimigrasian, pengawasan dan penegakan hukum keimigrasian, serta inovasi keimigrasian dalam rangka pelaksanaan tugas yang berpedoman kepada Profesionalitas, Akuntabilitas, Sinergitas, Transparan dan Inovatif.

Penerbitan Paspor pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam mengalami peningkatan yang luar biasa pada tahun 2021 hanya tercatat sejumlah 2.408 paspor sedangkan untuk tahun 2022 meningkat sebanyak 737% dari tahun sebelumnya menjadi 20.432 Paspor.

Sedangkan total permohonan layanan keimigrasian untuk Orang Asing di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Non TPI Agam tahun 2022 sejumlah 242 permohonan. Pelayanan izin tinggal tersebut terdiri dari Perpanjangan Izin Tinggal Tetap (ITAP) sejumlah 4 orang, pelayanan Izin Tinggal Kunjungan (ITK) sejumlah 24 orang, perpanjangan VOA sebanyak 74 permohonan, Penerbitan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) sejumlah 28 Orang dan alih status dari ITK ke ITAS sebanyak 26 permohonan. 

Pengawasan dan penegakan hukum keimigrasian selama Tahun 2022 dilaksanakan sejumlah 22 kegiatan yang terdiri dari Timpora, Operasi Gabungan, pengawasan keimigrasian, intelijen keimigrasian, dan Tindakan Administratif Keimigrasian yaitu overstay adapun Kantor Imigrasi Agam telah melaksanakan deportasi terhadap warga negara asing sebanyak 8 orang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam Qriz Pratama menyatakan bahwa sepanjang Tahun 2022 Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam berhasil merealisasikan 98% persen dari total Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2022. Target PNBP tahun 2022 sebesar Rp. 5.856.000.000,- dan pada akhir tahun 2022 Kanim Agam berhasil mencapai sebesar Rp. 8.828.885.158,- untuk membangun citra positif kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam, memiliki kanal media sosial resmi yang dikelola secara aktif diantaranya instagram, facebook, twitter, youtube, dan website. Untuk mengakomodir pengaduan dari masyarakat, imigrasi Agam memiliki nomor dan email resmi serta layanan live chat yang dapat dihubungi selama hari kerja. 

Kerjasama dengan media lokal dan nasional juga telah terjalin secara dinamis dalam hal publikasi dan penyebaran informasi keimigrasian khususnya di Wilayah Kerja Kanim Agam pada tahun 2022, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam berhasil meraih penghargaan sebagai Desain Media Sosial Terbaik, Unit Pelaksana Teknis Terbaik I Pengelolaan Kepengawaian dan pada tanggal 27 Desember 2022 terpilih sebagai Peringkat 1 UPT berkinerja terbaik di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sumatera Barat. 

“Kami akan terus meningkatkan Inovasi yang telah ada yaitu (1) Layanan Imigrasi datang untuk kelompok rentan / Lamang Ketan, (2) Layanan Imigrasi Agam datang tanpa antrian online /Lamang Tapai, (3) Layanan Imigrasi Agam untuk ibadah Haji /Lamang Ubi (4) Layanan Paspor Rusak/Hilang dalam satu hari /BAP Same Day (5) Layanan Pengambilan Paspor khusus menggunakan kendaraan /Lapor Kumendan (6) Notifikasi pengingat otomatis bagi pemegang Izin Tingal /Early Warning Sysytem” ujar Qriz “

"Arahan dari Kakanwil Kemenkumham Sumbar bapak Haris Sukamto, Beliau juga sampaikan, semua capaian dan prestasi diatas tentunya dapat didapat atas kerja sama dan kerja keras dari semua elemen yang ada pada Kantor Imigrasi Agam serta saya sangat mengapresiasi kinerja seluruh jajaran" pungkas Qriz ***

Pewarta :stm

Posting Komentar

0 Komentar