Recent Post



Bakti Sosial FSB Paliko, 85 Persen Peserta Khitan di Payakumbuh Mengalami Mikropenis


  Presidium Forum Seni & Budaya Payakumbuh - Limapuluh Kota (FSB PALIKO) menggelar acara Sunnatan Massal di kelurahan Nunang Daya Bangun Payakumbuh Barat pada Senin (19/12/2022) 

PAYAKUMBUH, BN-News - Pernyataan mengejutkan; di Payakumbuh dan Limapuluh Kota ternyata 85 persen anak yang dikhitan mengalami Mikropenis. Hal itu disampaikan oleh dr. Mayson Beatrix saat melaksanakan Khitanan Massal gratis di kantor Lurah Nunang Daya Bangun kecamatan Payakumbuh Barat yang digelar oleh Forum Seni & Budaya Payakumbuh - Limapuluh Kota (FSB PALIKO) pada Senin (19/12/2022).

Lebih lanjut dr. Mayson Beatrix menerangkan bahwa "kasus medis Mikropenis (penis kecil) ini sudah umum ditemukannya di kota Payakumbuh maupun kabupaten Limapuluh Kota. Hal itu disinyalir karena kebiasaan mengkonsumsi ayam yang disuntik horman, Luak Limopuluah ini kan sentra ayam pedaging." katanya.

Dikutip dari laman cnnindonesia "Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Agustin Kusumayati tahun 2021 lalu mengatakan; Sering Makan Ayam Berhormon Bikin Laki-laki Berpenis Kecil. Peternak biasanya menyuntikkan hormon pertumbuhan (growth hormone) agar ayam tumbuh besar. Hal ini menyebabkan demaskulinisasi. Kalau pada anak perempuan, dampaknya adalah jadi lebih cepat menstruasi. Anak yang sudah telanjur sering mengonsumsi ayam yang disuntik hormon sebaiknya berhenti mengonsumsinya. Ia menyarankan agar orang tua menyajikan ayam kampung ke anaknya. Selama anak masih dalam masa pertumbuhan, bila konsumsi ayam berhormon dihentikan, maka penisnya bisa tumbuh normal lagi," katanya."

"Mikropenis adalah fenomena penis anak yang sangat kecil. Ukuran penis anak yang mengalami mikropenis tak lebih besar dari ibu jari. Umumnya, panjang penis pada anak yang baru lahir mencapai 3-4 cm, sedangkan pada umur 1 tahun rata-rata panjangnya mencapai 3-5 cm. Jika ukuran kurang dari ukuran normal bisa jadi anak mengalami mikropenis."

Penyebab pasti dari mikropenis belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa faktor yang berpengaruh, antara lain makanan yang dikonsumsi ibu ketika mengandung anak. Makanan yang mengandung hormon estrogen (zat penggemuk pada hewan ternak) dapat memicu terjadinya mikropenis."

Sekretaris FSB PALIKO Desi Susanti (tengah) berphoto bersama Kepala Kelurahan Nunang Daya Bangun Firman Hady, ST (kiri), PJ. Wali Kota Payakumbuh Drs. H. Rida Anda, M.Si (berkemaja putih berdasi di tengah) tim dokter diantaranya dr. Mayson Beatrix (memakai baju putih kanan) dan peserta khitan dan orang tua.

Sekretaris FSB PALIKO Desi Susanti (Ciecie Kenzie ) kepada awak Media menyampaikan "Selain sebagai forum Seni dan Budaya, FSB Paliko juga menjalankan fungsi di bidang sosial, pendidikan dan juga agama. Kegiatan Khitanan Massal ini disponsori, didanai dan dilaksanakan seluruhnya oleh FSB PALIKO."

Kegiatan Khitanan Massal di di kantor Lurah Nunang Daya Bangun ini adalah dalam rangka memeperingati HUT Kota Payakumbuh ke-52 dan hari ibu ke-94 tahun 2022. Hadir pada acara itu Babinsa, Babinkantibmas dan juga PJ. Wali Kota Payakumbuh Drs. H. Rida Anda, M.Si.

PJ Wali Kota Payakumbuh Drs. H. Rida Anda, M.Si mengucapkan "terimakasih kepada FSB Paliko yang telah melaksanakan Sunnatan Massal secara gratis. Mudah-mudahan apa yang dilaksanakan menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT. Terimakasih juga kepada dokter yang telah menyelenggarakan kegiatan ini mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat."

Warga yang hadir mengantar anak-anaknya mengucapkan terimakasih kepada FSB Paliko yang telah menfasilitasi Sunnatal Massal ini kami sangat berterimakasih sekali. Semoga apa yang telah diberikan diberikan pahala oleh Allah SWT. Amin. Dengan adanya Sunnatan Massal ini, kami sebagai orang tua sangat terbantu dari segi ekonomi." kata mereka.

Pada kesempatan lain Sekretaris FSB PALIKO Ciecie Kenzie memaparkan "kegiatan Sunnatan Massal sekarang ini adalah kegiatan ke-2. Sebelumnya, 5 bulan yang lalu kita juga sudah menggelar kegiatan yang sama dalam Menyabut bulan Dzulhijjah 1443 H melaksanakan kegiatan Sunnatan Massal di SD O1 Simpang Benteng Payakumbuh pada hari minggu 3/6-2022. Ini adalah agenda rutin kita, jadi nanti bila ada masyarakat kita yang membutuhkan dan terbentur dengan biaya, insyaallah akan kita bantu, kedepan kita berencana akan membangun rumah sunnat. " katanya.

FSB Paliko umurnya ini umurnya masih dibilang baru, karena baru 9 bulan kita berdiri dan juga sudah 9 kali pula kita mengadakan kegiatan. Kegiatan Pertama FSB Paliko adalah Solo Song yang waktu itu hadiah utamanya adalah 1 unit sepeda motor." tukuk Ciecie.

Pewarta : F. Malin Parmato





Posting Komentar

0 Komentar