Recent Post



Pertunjukan Drumband Emak-Emak di Lubuak Batingkok Pakai Galon Bekas

LIMAPULUH KOTA, BN News - Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI. Seperti yang dilakukan emak-emak di Jorong Tigo Balai, Nagari Lubuak Batingkok, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, mempertontonkan pertunjukan drumbend dengan alat Galon dan barang bekas. 
Menariknya, para emak-emak yang sudah berusia antara 35-70 tahun itu menggunakan seragam, Baju Daster. Untuk mayoret menggunakan Sapu Lidi dan sepatu Boot tinggi yang digunakan petani untuk kekebun, dengan topi dari Ember Cat bekas. Sementara para anggota drambend seluruhnya menggunakan terompa Swallow dengan topi Caping petani.
Pertunjukan Drambend yang dilakoni mayoritas Emak-Emak Lansia ini akan ikut meramaikan dan memeriahkan pawai sekeliling kampung Nagari Lubuak Batingkok, Kecamatan Harau, dalam rangka HUT RI ke-77 tahun pada Rabu 17 Agustus 2022. 
Salah seorang Emak-Emak yang punya ide untuk menampilkan pertunjukan Drambend dengan menggunakan alat Galon dan barang bekas, Elsa Adrita, mengakui pertunjukan ini bentuk rasa gembira dan bahagia para emak-emak menyambut hari kemerdekaan RI sekaligus bentuk suka cita emak-emak bebas dari kekangan Covid-19. 
"Selama Dua tahun terakhir, kita tidak bisa mengapa apa karena wabah covid-19. Termasuk untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI pada Dua tahun terakhir, dan kini kita boleh memeriahkan HUT RI, maka kini kita tampilkan agar bisa menjadi hiburan bagi seluruh warga Lubuak Batingkok," sebutnya.
Dikatakannya, berbagai lagu akan dinyanyikan para Emak-Emak ini saat tampil pada acara pawai nantinya. Termasuk lagu Indonesia raya, padamu Negeri dan lagu lainnya yang tidak kalah hebohnya. Untuk menampilkan, berbagai lagu dan nyanyi yang akan ditampilkan dalam pawai nanti, para emak-emak lansia ini sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum benar-benar tampil pada pawai yang dilakukan Nagari Lubuak Batingkok. 
Salah seorang masyarakat Lubuak Batingkok, Darman, memberikan apresiasi kepada Bundo Kandung yang tampil nyentrik untuk memeriahkan HUT RI ke-77 tahun di Nagari Lubuak Batingkok. 
"Ini tentu tidak mudah, karena yang tampil ini emak-emak yang rata-rata sudah berusia 60-70 tahun dan hanya ada beberapa orang yang usianya 35 tahun. Ini bentuk kegembiraan kaum ibu dan juga bentuk merdeka dari covid-19. Semoga wabah ini benar-benar hilang dari negeri kita Indonesia," ucapnya***

Pewarta : Khatik

Posting Komentar

0 Komentar