Recent Post



Prajurit Dan PNS Kodim 0309/Solok, Terima Sosialisasi Dalam Rangka Pemberian Info Langsung (PIL) Program JKN-KIS BPJS Kesehatan.

SOLOK, BN-News-Dalam rangka Pemberian Info Langsung (PIL) pemahaman kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Solok, mensosialisasikan programnya sekaligus sosialisasi aplikasi Mobile JKN, berlangsung di Aula Makodim 0309/Solok, Jl. A. Yani No. 1, Kelurahan IV Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. 

Kegiatan sosialisasi yang digelar oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Solok tersebut dalam rangka guna meningkatkan informasi tentang penyelenggaraan Program JKN-KIS kepada peserta program JKN-KIS BPJS Kesehatan. Senin (8/8/2022). 

Dalam acara Sosialisasi Pemberian Info Langsung (PIL) Program JKN-KIS BPJS Kesehatan, Perwira Staf Personalia (Pasi Pers) Kapten Inf Walter Nadeak mewakili Dandim 0309/Solok dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan yang digelar oleh BPJS Cabang Solok dalam memberikan sosialisasi pelayanan BPJS ini adalah waktu yang tepat bagi para peserta program JKN-KIS yang berprofesi sebagai TNI dan PNS serta keluarganya.

Sementara Kepala BPJS Kes Kota Solok Asfurina, SKM, AAAK., dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk diikuti dalam rangka memberikan pemahaman terhadap Program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan.

Kita harus mengetahui hak dan kewajiban sebagai peserta BPJS Kesehatan secara jelas dan rinci tentang manfaat dari program JKN KIS, sekaligus dalam menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk mendukung mempermudah mendapatkan fasilitas dan informasi JKN,” ungkapnya.

Lanjut, dalam pemberian materi disampaikan oleh Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Evan Jasman dalam kesempatan itu Ia menjelaskan Program JKN-KIS meliputi jenis-jenis kepesertaan JKN, jumlah iuran, hak dan kewajiban, regulasi peserta sekaligus memperkenalkan aplikasi Mobile JKN.

Tujuannya untuk mempermudah para peserta dalam mengakses layanan kesehatan program Jaminan Kesehatan Nasional, mulai dari cetak kartu digital, perubahan faskes anggota keluarga dalam aflikasi mobile JKN, antrian online serta kanal BPJS lainnya, seperti Pandawa yaitu pelayanan administrasi melalui WA di nomor 08118165165, serta layanan siaga kapan saja di Call Center BPJS Kesehatan 165.

Sementara itu Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Kantor BPJS Cabang Solok Evan Jasman mengatakan bahwa dengan kegiatan yang dilaksanakan ini terkait dengan pendekatan pelayanan langsung kepada peserta JKN khususnya bagi peserta pekerja penerima upah yaitu salah satunya TNI AD.

Dikatakan bahwa banyak peserta pekerja penerima upah dalam hal ini TNI AD yang mana fasilitas kesehatannya itu masih terdaftar di faskes kesatuan yang lama sehingga melalui kegiatan pendekatan ini anggota TNI khusunya yang berada di Kodim 0309/Solok semua fasilitas kesehatannya sudah dipindahkan ke tempat kerja atau satuan yang baru.
"Untuk pemindahan fasilitas kesehatan itu sendiri harus ada surat rekomendasi dari atasan dimana seorang anggota TNI bekerja," jelasnya.

Selain itu melalui kegiatan ini kita menyampaikan hak dan kewajiban peserta yang dimana kalau untuk TNI untuk iurannya satu persen dibayarkan atau dipotong langsung dari pekerja yaitu anggota dan empat persennya oleh pemberi kerja," lanjut Evan Jasman. 

Dijelaskan bahwa untuk alur pelayanan kesehatannya peserta datang ke fasilitas kesehatan tingkat pertama yang sudah bekerjasama dengan BPJS dan jika akan dirujuk maka akan dirujuk dengan menggunakan surat rekomendasi ke rumah sakit yang fasilitas kesehatannya itu yang lebih memadai yang ada dokter spesialisnya.

Sedangkan berkaitan dengan aplikasi mobile JKN untuk keuntungannya adalah peserta tidak perlu membawa kartu BPJS nya kemana-mana karena untuk layanan KIS digitalnya sudah ada di HP, pemindahan alamat atau perubahan tempat tinggal bisa dilakukan melalui aplikasi mobile JKN.

"Pelayanan kesehatan, konsultasi dokter, screening kesehatan dapat di akses langsung melalui aplikasi mobile JKN yang telah didownload terlebih dahulu di HP," tutupnya. 

Dandim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, S.E., melalui Pasi Pers Kapten Inf Walter Nadeak berharap, "dengan melalui kegiatan sosialisasi tersebut, semua bisa mengetahui bagaimana sesungguhnya manfaat, prosedur dan mekanisme penggunaan JKN-KIS dan aplikasi Mobile JKN. Sehingga akan mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan dengan baik dan benar di Rumah Sakit sesuai hak-hak yang dijamin," ujarnya. 

Diakhir pemberian materi dilakukan sesi tanya jawab dan melaksanakan quiz secara online, dimana para peserta JKN-KIS sejauh mana mengerti dan paham tentang penjelasan yang sudah diberikan. 

Turut hadir dalam kegiatan Sosialisasi Pemberian Info Lansung (PIL) Program JKN-KIS BPJS Kesehatan Perwira Staf Personalia (Pasi Pers) Kapten Inf Walter Nadeak, Para Perwira Staf Makodim, Para Danramil jajaran Kodim 0309/Solok, Prajurit dan PNS Kodim 0309/Solok.(PENDIM0309).

Posting Komentar

0 Komentar