Recent Post



Dandim 0309/Solok Hadiri Lauching Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Minang Kabau dan Program Transpormasi Digital Pendidikan.

SOLOK, BN-News_ Komandan Kodim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, S.E., bersama Forkopinda Kota Solok hadiri Lauching Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Minang Kabau dan Program Transpormasi Digital Pendidikan bertempat di Lapangan Merdeka Kota Solok Jln. Proklamasi Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Kamis (04/08/22).

Muatan lokal adalah bahan kajian atau mata pelajaran pada satuan pendidikan yang berisi muatan lokal dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal.

Penerapan kurikulum muatan lokal dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku siswa, berupa wawasan tentang keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat.

Dalam sambutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI yang diwakili Kepala Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Dr. Baharudin, M.Pd., mengawali sambutannya mengucapakan syukur atas limpahan rahmat Allah SWT kepada kita semua, diantaranya kita tanpa diduga bertemu dan bersilaturahim di lapangan Merdeka Kota Solok ini dalam rangka menjaga dan melestarikan bahasa dan budaya adat istiadat.

Pemerintah melalui kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah mengeluarkan kebijakan terkait dengan upaya peningkatan mutu layanan pendidikan diseluruh aspek pendidikan atau standar Nasional pendidikan, mulai dari perbaikan mutu standar konpetensi kelulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar sarana dan prasarana, standar tenaga kependidikan, standar pengelolaan dan standar pembiayaan.

Dari delapan standar ini ada empat standar yang terkait langsung dengan implementasi kurikulum merdeka, yaitu standar kopetensi kelulusan, standar isi yang memuat muatan kurikulum salah satu diantaranya adalah pembuatan muatan lokal, kemudian standar proses bagai bapak/ibu guru di sekolah meramu proses pembelajaran berdasarkan kondisi anak-anak kita, kemudian standar penilaian yang adil tentu berdasarkan azas keadilan.

Dalam rangka pengundangan kurikulum ini ada enam strategi pengembangan dan sosialisasi strategi kurikulum merdeka ini. Yang pertama, pemanfaatan merdeka platpon merdeka belajar, yang kedua strategi series berputar, yang ketiga ada komunitas pengalajar dan strategi deskrestis.

Kemudian terkait dengan muatan lokal didalam Permendikbud yang mengatur tentang implementasi kurikulum merdeka, muatan lokal diatur secara khusus. Disana muatan lokal disusun oleh satuan pendidikan berdasarkan peraturan daerah.

Bahasa dan sastra Minang Kabau ini adalah kearifan lokal yang mengakar kuat dari budaya turun temurun dari nenek moyang.

Atasnama pimpinan menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada pemerintah Kota Solok yang sudah menyelenggarakan kegiatan  Lauching Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Minang Kabau dan Program Transpormasi Digital Pendidikan.

Mengakhiri sambutannya, mudah-mudahan dengan pencanangan ini semua unsur bergerak, kemudian bergerak dan mengerakan sehinga dengan sendirinya tidak ada lagi yang tidak maju. Tutup Dr. Baharudin, M.Pd.

Sementara Walikota Solok H. Zul Elfian, S.H., M.Si Datuak Tianso dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat datang kepada Kementerian pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Dr. Baharudin, M.Pd dan temu undangan lainnya di Kota Solok.

Alhamdulillah dengan tidak henti-hentinya kita bersyukur kepada Allah SWT, pada hari ini di lapangan Merdeka ini di bumi Serambi Madinah yang subur dengan udara yang sejuk ini.

Karena atas rahmat dan nikmat NYA kita dapat hadir disini dalam sebuah gagasan besar untuk kemajuan dan kepentingan anak-anak didik kita agar meraka mampu menjadi orang-orang hebat tidak saja dalam lingkungan Kota Solok, Sumbar bahkan dunia.

Bahwa kegiatan ini kita niatkan sungguh-sungguh baik itu pemerintah daerah, kami yakin dan percaya apa yang kita lakukan hari ini akan didukung sepenuhnya oleh DPRD Kota Solok, "kami yakin dan percaya kalau untuk kepentingan masyarakat DPRD Kota Solok tidak pernah untuk menolak" ungkap Walikota Solok di depan undangan.

Namun yang tidak kala pentingnya adalah komitmen kita bersama, bagaimana kita berklaborasi, bersinergi menyukseskan program ini.

Ini adalah kehormatan besar yang kita lakukan agar anak-anak kita mampu menguasai dunia, perubahan harus kita lakukan.

Begitu pula tentu kita bersyukur anak-anak kita akan menjadi orang-orang hebat, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi namun mereka tidak tercabut dari akar kebudayaannya dan tidak kehilangan jatidiri nya sebagai anak Minang dalam bingkai NKRI.

Mengakhiri sambutannya Walikota Solok menyampaikan, mudah-mudahan apa yang kita lakukan diberkahi oleh Allah SWT dan dimudahkan segala urusan kita ini. Pungkasnya.

Selanjutnya Walikota Solok dan didampingi undangan lainnya melaksanakan memukul gendang secara bersama-sama tanda Lauching Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Minang Kabau dan Program Transpormasi Digital Pendidikan secara resmi di buka.

Turut hadir dalam kegaiatan tersebut
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI diwakili Kepala Pusat Kurikulum Pembelajaran Dr. Baharudin M.Pd., Gubernur Sumbar diwakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, H. Saifullah, S.Pd., M.M., Direktur PT Dugi (Duta Digital Informatika Mitra Resmi Google Indonesia), Arya Sanjaya, Walikota Solok H. Zul Elfian Umar S.H., M.Si, Wakil Wali Kota Solok, DR. Ramadhani Kirana Putra S.E., M.M., Dandim 0309/Solok, Letkol Arm Hendrik Setiawan S.E., Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, Kajari Solok Feni Nila Sari, S.H., M.H., Kapolres Solok Kota, AKBP Ahmad Fadilan, S.Si., M.Sc., M.Si., Ketua  LKAAM Sumbar diwakili Sekretaris, Drs. Jasman M.M., dan undangan lainnya.

Kegaitan Lauching Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Minang Kabau dan Program Transpormasi Digital Pendidikan juga dimeriahkan dengan tari kolosal dari Siswa dan siswi SMP se Kota Solok yang berjumlah 400 orang.

Pewarta : HHN

Posting Komentar

0 Komentar