Recent Post



Buka Lahan Kosong Untuk Ditanami Tanaman Produktif, Babinsa Bantu Penanaman Dan Perawatan Tanaman Bawang.

SOLOK, BN-News-Babinsa Nagari Salimpek Koramil 10/Lembah Gumanti Kodim 0309/Solok, Koptu Juharto melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif  dibidang pertanian yaitu membuka lahan tanaman bawang  merah di Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. 

Kegiatan dibidang pertanian ini membuka lahan tanaman bawang merah, berkolaborasi dengan masyarakat binaan Bapak Jufri dan Ibu Nurma beralamat di Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti. Jumat (12/8/2022). 

Dalam kesempatan tersebut, Koptu Juharto mengatakan, bawang merah mampu beradaptasi baik jika ditanam di dataran rendah, di lahan irigasi maupun lahan kering dan bisa tumbuh dengan subur, sehingga bawang merah mempunyai prospek untuk dikembangkan di lahan kering walaupun dengan luasan lahan kecil sekalipun," ujarnya.

Adapun kegiatan hari ini melaksanakan perawatan tanam bawang merah yang sudah tumbuh dan berumur 20 hari, mencabuti rumput disekitar lobang yang ditanami bawang merah. 
Bawang merah juga merupakan salah satu jenis tanaman yang menjadi salah satu bumbu andalan berbagai masakan, selain untuk bumbu masak, bawang merah juga dapat digunakan untuk obat tradisional.

Ia juga mengatakan, pendampingan yang dilakukan mulai dari penyiapan lahan pertanian, perawatan hingga pelaksanaan panen bertujuan untuk memotivasi dan mendorong petani untuk mengoptimalkan hasil panen, guna meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan para petani." Imbuhnya.

Dalam hal ini, pembukaan lahan ini sangat berguna untuk menunjang ekonomi masyarakat, karena selain hasilnya nanti dijual, sebagian dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar