Recent Post



Danramil 06/Singkarak Hadiri Undangan Musrembang Penyelarasan RPJM Nagari Sumani.

SOLOK,BN-News-Danramil 06/Singkarak Kodim 0309/Solok, Letda Inf Selamat Riadi Menghadiri Undangan di Kantor Wali Nagari Sumani dengan Agenda kegiatan Musrembang Penyelarasan RPJM Nagari Sumani Tahun 2020-2026, di Aula Kantor Wali Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Rabu (27/07/2022). 

Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya.

Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa. 

Tujuan khusus dilaksanakan Musrenbang desa bertujuan untuk menampung dan membahas usulan di tingkat basis (RT), menampung dan membahas usulan kegiatan di tingkat Rw, menetapkan usulan yang akan didanai oleh Dana Desa, menetapkan usulan kegiatan yang akan diajukan pada musrenbang Kecamatan, menetapkan delegasi Musrenbangdes/kel yang akan mengikuti musrenbang kecamatan. 

Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 tahun yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa. Dalam musyawarah ini diharapkan bisa melahirkan perencanaan pembangunan yang betul-betul dibutuhkan masyarakat.
Pemerintah Desa/Nagari bekerjasama dengan seluruh komponen masyarakat dalam melaksanakan tahap demi tahap perencanaan pembangunan Desa/Nagari yang berkesinambungan. 

Adapun Musyawarah ini membahas tentang sebagai berikut Penetapan Musrembang, Proses Penyelarasan RPJM  Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak Tahun 2020-2026 dan Penyusunan RPJM Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak. 

Danramil 06/Singkarak Letda Inf Selamat Riadi, mengatakan "agar nanti dalam melaksanakan program ini tidak terjadi penyalahgunaan anggaran, serta berharap kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu mendukung, mengawasi dan saling membantu program ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya dapat dirasakan seluruh warga Nagari Sumani," ucapnya. 

Kegiatan Musrembang ini dihadiri oleh Danramil 06/ Singkarak Letda Inf Selamat Riadi, Camat X Koto Singkarak Yuldawati, Babinsa Nagari Sumani, Wali Nagari Sumani, Bidan Desa se Kenagarian Sumani, Ketua KAN Nagari Sumani, Ketua BPN Nagari Sumani, para Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA se Kenagarian Sumani, Pendamping Desa kenagarian Sumani, Ketua PKK Nagari Sumani, Kepala Jorong se Kenagarian Sumani, Ketua pemuda Nagari Sumani, masyarakat Nagari Sumani, para pengurus masjid se Kenagarian Sumani, Mahasiswa Universitas Andalas Padang, Tokoh masyarakat se Kenagarian Sumani.

Posting Komentar

0 Komentar