Recent Post



Babinsa Monitor Pertanian Binaan, Maksimalkan Perawatan Dari Tanaman Cabai Rawit Warga Pok Tani.

SOLOK, BN-News-Serda Iksan Tiago Babinsa Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif di bidang pertanian yaitu penanaman cabe di Korong Embun Dalam, Jorong Bukit Malintang Barat, Nagari Lubuk Gadang, Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan, Sabtu (25/06/22). 

Serda Ikhsan Tiago menyampaikan bahwa, pemanfaatan lahan kosong ini sebagai upaya mengurangi tumbuhnya rumput liar, disamping itu dengan ditanami lahan tidur ini jadi bermanfaat dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat pengangguran," ucapnya. 

Cabai rawit termasuk dalam famili Solanaceae dan merupakan tanaman berumur panjang, cabai rawit dapat hidup selama 2-3 tahun apabila dipelihara dengan baik dan kebutuhan haranya tercukupi.

Dilanjutkan Babinsa, budidaya cabai rawit secara umum tidak berbeda jauh dengan budidaya cabai merah, namun yang harus diperhatikan adalah jarak tanam dan pemupukannya, karena umurnya yang panjang, pemupukannya lebih banyak.
"Pemilihan penananam cabe rawit ini dikarenakan tanaman cabai rawit lebih tahan terhadap penyakit dibanding cabai yang lainnya," tutur Babinsa.

Adapun perkembangan tanaman saat ini sudah berumur 114 hari, pertumbuhan cabe ini masih kurang baik lantaran terkena panas yg cukup panjang dipertengahan bulan Maret dan bulan April yg lalu. Kegiatan sekarang melaksanakan perawatan dan pengecekan secara rutin pada ladang cabe, baik buah, daun dan batang.

Babinsa mengatakan agar petani lebih memperhatikan dari pertumbuhan tanaman cabai rawit ini agar lebih maksimal pada saat panen nanti. 

"Semoga dengan adanya perhatian dan pendampingan Babinsa kepada para petani menjadi lebih bersemangat serta menjalin hubungan baik antara TNI AD khususnya yang berada di kewilayahan dengan masyarakat," tutup Serda Ikhsan Tiago. (PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar