Recent Post



Pesatnya Perkembangan Wisata di Kecamatan Lembah Gumanti Alahan Panjang

Baritonagarinews(BNN).Com Alahan Panjang_ Pariwisata di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok yang luasnya lebih kurang 602,5 Kilometer Persegi  saat ini cukup menggeliat, hal tersebut terpantau ketika tumbuhnya beberapa tempat objek wisata di beberapa Kenagarian di kecamatan Lembah Gumanti saat ini.

Belakangan ini, daerah dingin yang ternama dengan penghasilan bawang merah dan sayur sayuran dari hasil pertanian, sebentar lagi penghasilan masyarakat akan bertambah di sektor pariwisata, hal ini di lontarkan oleh Camat Lembah Gumanti Zulbakti S.Pd  yang di dampingi Sekretaris Fakhrizal Riandoni SE.MPd saat di temui di ruang kerjanya (31/01/2022) 

Lanjutnya Disamping Objek wisata yang terkenal dengan Danau Diatas dan Danau Dibawah serta spot foto dengan keindahan latar Kebun Teh yang di jadikan tempat berfoto bagi pengunjung,  saat ini adanya banyaknya  objek wisata yang tumbuh di kelolah oleh putra daerah setempat.

Seperti  Solok Rajo di Aia Dingin, Pincuran puti Hiliran Gumanti, Aggro wisata strowberry  Dzjikho di Taratak Alahan Panjang, Embung Sungai Nanam, Masjid Ummy yang juga di jadikan tempat berkunjung oleh wisatawan untuk istirahat yang sering di jadikan wisata religi, dan banyak lagi tempat objek wisata lain yang beru bermunculan.

Alahan panjang yang terkenal dengan keindahan dan kesejukan alamnya banyak para investor yang ingin menanamkan modalnya terutama dalam bidang  wisata terangnya.

Diharapkan kepada setiap nagari untuk memunculkan ide - ide kreatif  untuk perkembangan masing-masing Nagari sehingga nanti pariwisata  menarik untuk dikunjungi  wisatawan  datang ke daerah Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti.

Dengan meningkatkan kunjungan wisata secara tak lansung akan  meningkatkan perekonomian masyarakat setempat tuturnya.

"Dengan keindahan alam Alahan Panjang,  jika ada investor dari luar ingin mengembangkan usahanya di kecamatan Lembah Gumanti tentu dengan senang hati kita terima dan akan di bantu dalam kepengurusan surat suratnya, tentu dengan memenuhi syarat -syarat yang berlaku dan akan di fasilitasi tidak akan di persulit" pungkas Zulbakti   yang di dampingi Sekretaris Fakhrizal Riandoni pada saat itu.

Kemudian kata Zulbakti,  khususnya dalam pengembangan usaha bidang  wisata  sudah merupakan instruksi dari atas, dalam proses pengurusan akan di permudah bahkan sekarang Pemerintahan Bupati Kabupaten Solok meminta kepada investor untuk berinvestasi di kabupaten Solok tuturnya.

Lanjutnya lagi "Khusus di kecamatan lembah Gumanti nanti, izin  akan di permudah, karena hal ini merupakan arahan dari pimpinan bapak Bupati Kabupaten Solok" tuturnya.

Kedepannya pemerintahan di kecamatan Lembah  Gumanti akan berusaha bersama sama untuk lebih maju diseluruh sektor baik di perkebunan maupun di perdagangan pariwisata, dengan banyaknya spot-spot berfoto  yang telah bermunculan di setiap kenagarian 

Diharapakan dengan perkembangam wisata sehingga masyarakat kita bisa sejahtera jika ada kelemahan kelemahan nanti akan di bicarakan supaya kedepannya lebih lancar dan maju pungkasnya.

Sementara itu Aprianggi (28) sapaan keseharian Anggi merupakan pengelola Homestay Clover jalan batu bagiriak Alahan Panjang lembah Gumanti Kabupaten Solok mengatakan kedepannya Alahan panjang akan terkenal dengan pariwisatanya, belakangan ini memang terkenal hasil perkebunan bidang sayur sayuran, dan masa akan datang akan terkenal dengan pariwisatanya.

Dikatakan demikian karena sekarang ini banyak spot-spot untuk berfoto dan pariwisata baru bermunculan yang didirikan oleh masyarakat setempat terang Anggi yang baru menggerakkan jasa penginapan Homestay di Alahan Panjang selama lebih kurang 3 tahunan belakangan ini.

Semenjak menjalankan jasa penginapan homestay ini banyak tamu yang berasal dari pekan baru Riau Jambi, Padang, Bukittinggi,  dan daerah tetangga lainnya.

"Daya tarik tersendiri dari Homestay yang kita jalankan bagi pengunjung adalah jika butuh pemandu kita akan mengantarkan ke  lokasi objek wisata tanpa di pungut biaya, begini kita dalam membantu perkembangan objek wisata di Alahan Panjang ini "terangnya.

Dengan perkembangan pariwisata saat ini,diharapakan sentuhan dari pemerintah dalam mengembangkan objek wisata, mungkin dengan memberikan  pelatihan- pelatihan  kepada anak mudah bidang wisata, dengan pelatihan tersebut bisa edukasi terkait  pariwisata, perkembangan pemerintahan di bidang pariwisata akan cepat.

Dengan Edukasi tersebut nantinya bagi penggerak di bidang pariwisata seperti perhotelan, jasa penginapan, serta penggerak objek wisata bisa menerapkan edukasi tersebut kepada pengunjung.

Bidang pariwisata umumnya yang di jual adalah Jasa, jika pengunjung kecewa nanti akan berefek terhadap perkembangan pariwisata, jika pelayanan itu bagus dan tamu merasa puas, tamu tersebut akan memberikan informasi ke yang lainnya pungkas Anggi ***

Pewarta : BN2/ Etra Fauza 

Posting Komentar

0 Komentar