Recent Post



Koramil 04 Luak Terjun Ke Lokasi Bencana di Situjuah Tungka

Limapuluh Kota, BN-News- Komandan Koramil (Danramil) 04 Luak Kodim 0306/50 Kota Kapten Inf Kusmianto meninjau langsung lokasi banjir dan tanah longsor di Jorong Sawah Laweh Nagari Situjuah Tungka Kecamatan Situjuah Limo Nagari. Senin (6/5/2024). Malam.

Turut serta bersama Danramil, Kalaksa BPBD Kabupaten 50 Kota Rahmadinol beserta unsur personil dari Koramil 04 Luak, Polsek Situjuah, personil Damkar dan personil BPBD kabupaten 50 Kota.

Komandan Kodim (Dandim) 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha melalui Danramil 04 Luak kapten Inf Kusmianto dalam keterangannya meminta Koramil jajarannya memetakan lokasi rawan bencana ditiap tiap wilayah dalam rangka mengantisipasi resiko bencana musim penghujan dan siklus bencana tahunan dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

"Begitu pentingnya memetakan rawan bencana di wilayah tugas masing-masing. Hal itu dilakukan agar penanganan bencana bisa dipersiapkan sedini mungkin, "ucap Dandim yang disampaikan Danramil 04 Luak.

Tugas itu diminta lantaran saat ini tengah memasuki musin penghujan, sejumlah kecamatan di Kabupaten 50 Kota menjadi daerah yang rawan bencana dan memiliki tingkat kerawanan besar dan komplek.

Kecamatan Situjuah Limo Nagari tepatnya di Jorong Sawah Laweh Nagari Situjuah Tungka Kecamatan Situjuah Limo Nagari sendiri menurutnya, tepatnya Senin (6/5/2024) kemarin mengalami musibah bencana banjir dan longsor dimana jembatan yang menghubungkan Jorong Sawah Laweh menuju Jorong Sungai Lansek mengalami rusak berat dan longsor pada jalan yang menuju Mesjid Nurul Huda di Jorong Dalam Nagari.

Menurut Danramil, sesuai petunjuk dari Komandan Kodim (Dandim) 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha, Koramil jajaran dalam hal ini Koramil 04 Luak untuk segera memetakan titik mana saja yang kemungkinan rawan, sehingga bisa menentukan prioritas mana yang menjadi pusat perbantuan nantinya, terangnya. 

Dimana Dandim sudah menegaskan jajarannya siap mendukung Pemerintah Kabupaten 50 Kota dalam penanganan bencana. Baik sebelum bencana, saat terjadi bencana maupun pemulihan paska bencana.

Peranan TNI dalam hal ini Kodim 0306/50 Kota sebenarnya sudah siap. Dari tahap perencanaan sudah bisa memetakan tempat rawan-rawan mana yang rawan bencana hingga membantu proses rehabilitasi. 

Kehadiran dan upaya kolaboratif dari berbagai pihak, termasuk TNI polri, dan pemerintah daerah mencerminkan semangat gotong royong dalam mengatasi dampak bencana banjir di wilayah tersebut, terang Dandim melalui Kapten Inf Kusmianto Danramil 04 Luak.

Pewarta: F. Malin Parmato / Hms

Posting Komentar

0 Komentar