Recent Post



Material Longsor Sudah Dibersihkan, Arus Lalu-Lintas Di Singkarak Sudah Normal Kembali

Kalaksa BPBD Solok Drs. Irwan Efendi

Solok, BN-News - Arus lalu-lintas Solok - Batusangkar sempat putus total beberapa jam sejak pagi hingga siang hari pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Hal itu disebabkan karena material longsor menutupi jalan raya sepanjang 60 m dengan ketinggian 90 Cm di tepi danau Singkarak jorong Biteh Nagari Kacang, kecamatan X Koto Singkarak, kabupaten Solok, Sumatera Barat. 

Kalaksa BPBD kabupaten Solok Drs. Irwan Efendi kepada awak media menyampaikan "Ini terjadi karena hujan lebat melanda kabupaten Solok sejak semalam, menjelang sahur tadi secara umum hujan sudah agak reda, namun sejak subuh tadi di wilayah Kacang hujan berlanjut terus bahkan lebih lebat dari sebelumnya, mungkin hal itu yang menjadi pemicu terjadinya longsor di tempat ini." paparnya. 

Aparat gabungan, TNI, Polri dan BPBD siaga di lokasi longsor

"Berkat kerja sama dari semua pihak alhamdulillah tadi jam 12.30 Wib. jalan ini sudah bisa dilalui kembali walaupun masih sistem buka-tutup. Dengan bantuan satu unit excavator dan satu unit mobil Damkar semua material longsor seperti lumpur, batu dan kayu dapat dibersihkan" tambahnya. 

Asridel (62 tahun) warga Sumanik Tanah Datar yang tinggal di Tanjuang Paku Solok kepada awak media mengatakan "pagi tadi saya kehujanan di jalan ketika mau pulang kampung ke Sumanik bertakziah atas meninggalnya kakak sepupu saya. Karena hujan lebat lalu saya berteduh dulu di tepi jalan, Setelah1.5 jam kemudian sekitar pukul 07.30 Wib. terjadi longsor 1 Km di depan saya, kita terkurung, tidak bisa melanjutkan perjalanan. Lalu saya ditunjukkan orang jalan alternatif menuju Batusangkar di dalam nagari Kacang terus ke Simawang" terangnya.*

Pewarta F. Malin Parmato / 007/008

Posting Komentar

0 Komentar