Recent Post



Babinsa Koramil 01/Kota Solok Bantu Petani Semprot Tanaman Padi Antisipasi Hama dan Wereng

Solok, BN-News - Dalam rangka mengantisipasi serangan hama atau penyakit yang dapat merusak tanaman padi, Babinsa Koramil 01/Kota Solok Kodim 0309/Solok Praka Ice Sumitra melakukan pendampingan penyemprotan tanaman padi di Gurun Bagan, Kel. VI Suku, Kec. Lubuk Sikarah, Kota Solok, Kamis (28/03/2024).

Penyemprotan tanaman padi dilakukan di lahan seluas 1,5 ini menggunakan satu unit hand sprayer yang dilaksanakan langsung oleh Babinsa.

Tujuan dari penyemprotan tanaman padi adalah untuk menjaga tanaman agar terhindar dari segala gangguan hama, seperti wereng, tikus, ulat, dan lain-lain, sehingga pertumbuhannya tetap optimal dan dapat menghasilkan panen yang maksimal.

Selain itu, penyemprotan juga bertujuan untuk mengendalikan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman padi.

Babinsa juga mengatakan, penyemprotan tanaman padi harus dilakukan pada waktu yang tepat karna sangat mempengaruhi kepada fungsi obat yang di semprotkan.

“Penyemprotan pada pagi hari dilakukan ketika air embun mulai hilang dan sebelum terik matahari menyengat, karena saat itu hama lebih mudah terkena kontak dengan insektisida.

Sedangkan penyemprotan pada sore hari dilakukan ketika hama biasanya menetap pada pangkal batang padi.

Jangan menyemprot saat panas terik dan kering, atau saat angin sangat kencang dan bila akan turun hujan, karena itu akan mengurangi efektivitas penyemprotan,” tutup Babinsa Praka Ice.

Pewarta: 007/008

Posting Komentar

0 Komentar