Recent Post



Babinsa di Limapuluh Kota Manfaatkan Momen Safari Ramadhan untuk Komsos dengan Warga

Serda Sutrisno, di Musholla Nurul Islam Nagari Situjuah Ladang Laweh pada Sabtu malam (16/3/2024)

Limapuluh Kota, BN-News - Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan senjata bagi Aparat Komando Kewilayahan dalam hal ini Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam memonitor perkembangan situasi di wilayah binaannya. 

Selain itu Komsos juga memiliki tujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi, hubungan baik antara TNI melalui Babinsa sebagai ujung tombak di lapangan dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah. 

Beragam cara menarik selalu dikembangkan oleh seorang Babinsa dalam melakukan komsos di wilayah, mulai dari kegiatan anjangsana, pertemuan, gotongroyong, kegiatan sosial dan lail-lain, yang pada intinya membangun kedekatan dan kepercayaan dengan warga masyarakat di wilayah yang menjadi tanggungjawabnya.

Salah satu contohnya adalah kegiatan Safari Ramadhan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan puasa. Para Babinsa turut hadir dalam kegiatan ini untuk melakukan pendampingan dan menjalin kedekatan dengan warga masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Serda Sutrisno, Babinsa Situjuah Ladang Laweh dari Koramil 04 Luak Kodim 0306/50 Kota. Ia memanfaatkan momen Safari Ramadhan untuk lebih mendekatkan diri dengan warga masyarakat binaannya di Musholla Nurul Islam Nagari Situjuah Ladang Laweh pada Sabtu malam (16/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa membahas tentang keamanan dan mengajak warga untuk meningkatkan kewaspadaan selama bulan Ramadhan. Ia juga memastikan bahwa pelaksanaan ibadah bagi umat muslim akan berjalan dengan baik.

Serda Sutrisno mengingatkan bahwa selama bulan Ramadhan biasanya tindak kriminalitas meningkat. Oleh karena itu, ia menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu waspada terhadap situasi sekitar, karena pelaku kejahatan biasanya memanfaatkan kelengahan dan kesibukan masyarakat.

Ia juga menghimbau warga untuk segera melapor kepada Babinsa atau pihak berwajib jika melihat hal-hal yang mencurigakan atau terjadi kejadian di wilayahnya agar dapat segera ditindaklanjuti.

Kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan salah satu wujud nyata peran aktif Babinsa dalam menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah selama bulan Ramadhan. Kedekatan dan hubungan yang baik antara Babinsa dan warga masyarakat menjadi kunci utama dalam menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi semua.*

Pewarta: F. Malin Parmato / Hms

Posting Komentar

0 Komentar