Recent Post



TOKOH MASYARAKAT LUAK LIMOPULUH DEKLARASI DUKUNG HERMAN DARNEL IBRAHIM MENUJU DPR RI

DR. IR. Herman Darnel Ibrahim M. SC
Sumber photo: portalberitaeditor

Limapuluh Kota - BN News - Berbagai elemen masyarakat luak Limopuluah dari Kota Payakumbuh dan kabupaten Limapuluh Kota yang terdiri dari Ulama dan Tokoh Masyarakat mendeklarasikan diri memberi dukungan kepada HDI (DR. IR. Herman Darnel Ibrahim M. SC untuk maju menjadi anggota DPR RI wilayah pemilihan Sumatera Barat dua dari partai PKB, bertempat di Tifa Resto dan Caffe Tanjung Pati pada Ahad (4/2/2024).
 
Beberapa hari sebelumnya pada 29 Januari 2024 juga sudah ada acara Delrasasi yang sama di Payakumbuh yang dilakukan oleh Sahabat Paliko mendukung HDI menuju DPR RI.

Hadir pada acara deklarasi ke-2 di Tanjung Pati ini para tokoh yang terdiri dari perwakilan Ulama, Pemangku Adat, Cendikiawan, Bundo Kanduang, Pemuda-pemudi dari berbagai elemen dari Luak Limo Puluah berdeklarasi:

"Kami para tokoh yang terdiri dari Ulama, Pemangku Adat, Cendikiawan, Bundo Kanduang, Pemuda-pemudi, pada hari ini, Minggu, tanggal 4 Februari 2024 berkumpul di Tifa Resto dan Caffe Tanjung Pati. Dengan ini mendeklarasikan dan menghimbau kepada masyarakat Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh untuk memberikan suara dengan memilih DR. Ir. H. Herman Darnel Ibrahim, M. Sc. Caleg DPR RI dari partai No. 1 PKB, nomor urut 1, tokoh nasional yang berasal dari Limapuluh Kota. Mari semua kita yang wajib pilih, datang ke TPS, hari Rabu, tanggal 14 Februari 2024, coblos nomor urut 1 dari partai PKB, Pendukung calon presiden AMIN nomor urut 1."

 
Herman Darnel Ibrahim putra asli Luak Limopuluah ini menilai sudah saatnya Luak Limopuluah mempunyai wakil di DPR RI sudah hampir 5 kali pemilihan umum tidak memiliki anggota legislator yang benar-benar berasal dari daerah ini. Dengan adanya keterwakilan masyarakat Luak Limopuluah di lembaga pembuat undang-undang ini, ia akan berupaya melahirkan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat terutama yang berada di pelosok.

DR. Herman Darnel Ibrahim (HDI) pernah berpengalaman secara Nasional sebagai direktur PLN 2003-2008, anggota DPD-MPR RI 2014-2019, anggota Dewan Energi Nasional (DEN). Ia lahir pada 15 April 1954 (umur 69) di Talang Maua, kecamatan Mungka, Lima Puluh Kota, anak dari Ibrahim Datuak Muaro (ayah) dan Rasyidah (ibu). Ia adalah anak sulung dari tujuh orang bersaudara. Dia menikah dengan seorang wanita bernama Dewita pada tahun 1978 dan telah dikaruniai tiga orang anak.
 
Setelah tamat di SDN Talang Maur pada tahun 1966, Herman melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri Dangung Dangung dan tamat pada tahun 1969, kemudian meyambung ke SMA Negeri 1 Payakumbuh, tamat tahun 1972. S1nya ia tempuh di Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB), tamat tahun 1978. Dan S2 (M.Sc.) dari UMIST, Manchester, Inggris, dalam bidang Power System Analyses, tamat tahun 1987. Kemudian S3 (Doktor) nya ia dapatkan dari ITB dalam bidang energi dan ketenagalistrikan tahun 2004.
 
Ia adalah seorang teknokrat dan politikus Indonesia dari Partai Kebangkitan Bangsa. Ahli di bidang energi dan kelistrikan Indonesia.
 
Herman merupakan salah seorang dari 18 anggota Dewan Energi Nasional yang bertugas merancang dan merumuskan kebijakan energi nasional untuk ditetapkan oleh pemerintah dengan persetujuan DPR RI. Kebijakan tersebut mencakup beberapa hal, yaitu menetapkan rencana umum energi nasional, menetapkan langkah-langkah penanggulangan kondisi krisis dan darurat energi serta mengawasi pelaksanaan kebijakan di bidang energi yang bersifat lintas sektoral. Sebelumnya, Herman pernah menjabat Direktur Transmisi dan Distribusi PT PLN dan Direktur PT Indonesia Power.
 
Pada tahun 2019, Herman dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, menjadi Pengganti Antarwaktu (PAW) Jeffrie Geovanie yang mengundurkan diri.*

Pewarta : F. Malin Parmato

Posting Komentar

0 Komentar