Recent Post



7 Pakta Integritas Yang Harus Ditaati Anggota PTPS, Dalam Menjalankan Tugas Di Pemilu 2024.

Bukittinggi, baritonagarinews.com_ Anggota pengawas tempat Pemungutan Suara (PTPS), dalam pemilu 2024, Tandatangai Pakta Integritas, ada 7 pakta integritas yang harus di jalankan dalam menjalankan tugas, hal tersebut di sampaikan oleh ketua Panwascam saat pengambilan sumpah 84 anggota PTPS Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) Bukittinggi pada hari Senin (22/1/2024) di Aula Hotel Pusako Bukittinggi.

Kegiatan pelantikan dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi yang diwakili oleh anggota Bawaslu Provinsi Beni Aziz, Ketua Bawaslu Bukittinggi yang diwakili Anggota komisioner Ridwan Afandi, Camat ABTB yang diwakili oleh sekretaris Fachrul razi, Hadir juga dari KUA, pihak kepolisian, dan juga TNI, serta tim bawaslu Kecamatan ABTB Bukittinggi.

Ketua Panwascam, M. Akmal memyampaikan 7 Pakta integritas dalam menjalankan tugas anggota PTPS,
diantaranya (1) Menjaga profesionalisme, integritas, independensi dan netralitas (2). Tidak melakukan praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

(3). Dalam mengambil kebijakan akan melalui mekanisme pleno Panwaslu Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi dan tidak akan mencampuri kebijakan kesekretariatan dalam hal pengelolaan administrasi keuangan lembaga Panwaslu Aur Birugo Tigo Baleh kota Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat.

(4). Dalam proses Pengawasan Pemilihan Umum, berjanji akan memenuhi tugas dan kewajiban sebagai Pengawas TPS Kecamatan Aur Birugo Tgo Baleh Sumatera Barat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

(5). Dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil, dan cermat demi suksesnya Pemilihan Umum, tegaknya demokrasi dan keadilan, serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi atau golongan.

(6). Dalam menjalankan tugas dan wewenang akan menghindari/tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang bertentangan/melanggar peraturan perundang-undangan, dan 

(7). Apabila kami melanggar hal-hal yang telah kami nyatakan dalam PAKTA INTEGRITAS ini. kami bersedia dikenakan sanksi moral, sanksi administrasi serta dituntut ganti rugi dan pidana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, semua pakta integritas tetsebut harus di pegang teguh oleh anggota PTPS dalam menjalankan tugas, ujarnya.

Sementara itu, Camat kecamatan ABTB diwakili sekretaris Fachrul Razi, menyampaikan, atas nama pemerintah di kecamatan ABTB mengucapkan selamat atas pelantikan kepada 84 anggota yang di lantik hari ini.

"Mari kita tanamkan tekad dalam jiwa kita untuk mensukseskan pemilu tahun 2024 ini, taati aturan yang disebabkan kepada kita sebagai anggota PTPS, tegakkan netralitas dalam menjalankan tugas," ucapnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi yang di wakiili oleh anggota Beni Aziz, mengucapan selamat datang dan bergabung menjadi anggota PTPS di pemilu tahun 2024, " tadi kawan-kawan belum masuk kedalam lembaga, dan setelah pengambilan sumpah, saat ini, lembaga bawaslu sudah melekat kepada kawan-kawan semuanya, konsekuensi sosial, administrasi dan keuangan, dan hukum di lembaga bawaslu, saat ini sudah melekat pada saudara," ucapnya 

Dengan demikian, pakta integritas harus dijaga atas nama lembaga, bagaimana kode etik, sebagai pengawas pemilu, demi untuk menjaga marwah lembaga, dalam kegiatan saya minta kawan-kawan mempunyai disiplin dalam menjalankan tugas, termasuk jika ada kegiatan yang formal harus berpakaian yang rapi dan sopan, jangan menganggap pekerjaan ini sepele, ucapnya . 

Sambutan oleh ketua bawaslu Kota Bukittinggi yang diwakili komisioner bawaslu Bukittinggi Ridwan Afandi, juga sampaikan, dengan telah di lantikanya tadi berarti kawan-kawan sudah merupakan bagian dari bawaslu Bukittinggi, dalam pengawasan pemilu di 14 Februari 2024, hingga satu minggu setelah pemungutan suara, ujarnya.

Pada saat itu, anggota komisioner Bawaslu Bukittinggi Afandi sampaikan, ditahun 2024 ini mempunyai pengawasan yang ekstra, diharapkan kawan - kawan mampu bekerja dengan maksimal dan sungguh sungguh dalan pengawasan pemungutan suara. Semoga dapat bekerja secara profesional dan Integritas, pungkasnya.***

Pewarta : sutan mudo

Posting Komentar

0 Komentar