Recent Post



Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023, Kodim 0309/Solok Laksanakan Upacara

SOLOK, BN News - Komando Distrik Militer 0309/Solok, melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2023. Yang digelar di Lapangan Upacara Kodim 0309/Solok, Jl. A. Yani, Kel. VI Suku, Kec. Lubuk Sikarah Kota Solok. Minggu pagi.

Dalam upacara hari kesaktian Pancasila bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 0309/Solok Letkol Inf Aji Satrio, S.E., M.Si., Komandan Upacara Kapten Czi Jon Erikson, Perwira Upacara Kapten Inf Syafrudin yang diikuti para Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS jajaran Kodim 0309/Solok.

Tahun ini peringatan hari Kesaktian Pancasila mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang kembali bagaimana pancasila sebagai dasar negara berdiri teguh dari berbagai upaya yang dilakukan untuk menjatuhkannya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut juga merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan revolusi yang gugur pada 30 September 1965.

Pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dibacakan pembacaan Teks Pancasila, UUD tahun1945 dan Ikrar Kesaktian Pancasila.

Dandim 0309/Solok Letkol Inf Aji Satrio menyampaikan arahan diantaranya mengajak seluruh peserta upacara terus mengenang dan memaknai sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965, dimana rakyat Indonesia saat itu berjuang mempertahankan Idiologi Pancasila dari rongrongannya dengan menumpas keganasan dan kekejaman G30 S PKI (Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia) yang pada peristiwa itu membuat gugurnya 7 pahlawan Revolusi.

Lanjutnya, sejarah ini penting untuk dikenang agar menggelora semangat mengamalkan nilai-nilai Pancasila bagi mempertahankan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini semua elemen masyarakat menyadari betapa penting Pancasila ini untuk senantiasa dijadikan pedomani, dijadikan acuan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara, karena sudah jelas bahwa melalui Pancasila ini lah yang kita sepakati menjadi dasar negara yang dimulai oleh kesepakatan para pemimpin-pemimpin kita terdahulu,” pungkas Dandim.

Pewarta : 007/008

Posting Komentar

0 Komentar