Recent Post



Wawako Resmi Buka Prosesi Mengulifah Guru Silek

KOTA SOLOK, BN News - Wakil Wali Kota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra Secara Resmi Membuka prosesi Mangulifah Guru Silek yang bertempat di Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Sikarah.(9/09/2023) 

Dimana Anggota DPRD Provinsi, Daswippetra yang juga merupakan Tuo Silek Kota Solok menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah upaya untuk melestarikan tradisi Silek Tuo khususnya di Kota Solok.

"Mangulipah merupakan prosesi dimana guru Tuo di sasaran memberikan kepercayaan dan melimpahkan kepada anggota perguruan yang dianggap cakap dan mampu secara lahir dan batin untuk menjadi guru. Sehingga nantinya sasaran-saran Silek di Kota Solok tetap terus tumbuh dan berkembang" terang Daswippetra. 

Sementara itu,Kepala UPTD Taman Budaya Supriyadi juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang di fasilitasi pelaksanaannya dari Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan di Kota Solok. 

"Kegiatan Mangulipah adalah rangkaian event Gelanggang Silek Tuo Pusako Lamo yang di laksanakan mulai tanggal 9 s/d 11 September di Kota Solok. Dalam kegiatan ini juga diadakan Focus Grup Discussion (FGD), Pelatihan Juri Silek, serta Festival Silek yang diikuti 40 sasaran dalam dan luar Kota Solok."Supriyadi menjelaskan

Disisi Lain Wawako, mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pariwista Provinsi yang telah mempercayakan kota solok sebagai tuan rumah kegiatan Mangulifah guru Silek Tuo Pusako Lamo.

Wawako mengakui aliran silek tuo memegang peran penting untuk membina generasi muda untuk lebih percaya diri sekaligus memasyarakatkan silek di ranah minang.

"Kami atas nama pemerintah kota akan selalu hadir memberikan pelayanan dan memfasilitasi setiap gelaran kemasyarakatan yang sangat bermanfaat ini"Ucap Wawako

Selain itu, di kota solok juga akan dilaksanakan Festival Silek pada tanggal 9 s/d 11 September 2023 di Kantor KAN Nagari Solok dan Taman Istiqlal dalam rangka memeriahkan kegiatan Rang Solok Baralek Gadang yang termasuk pada Kharisma Event Nusantara (KEN) 

"Kepada guru-guru diseluruh sasaran silek tuo kami ucapkan terima kasih, karena telah membantu pemerintah, terutama sekali dalam menanamkan nilai budaya kepada generasi penerus bangsa.Seperti pepatah Minangkabau mengatakan, Di Lahie Mancari Kawan, Di Batin Mancari Tuhan".Lanjutnya

"Semoga kegiatan yang penuh arti ini dapat berjalan lancar, sehingga tercapai maksud dan tujuannya"tutup wawako.

Prosesi Mangulipah dipimpin oleh pitunggua Alek Pembina Adat dan Syara' Nurmatias Dt. Rajo Dipadang  diikuti oleh 8 sasaran di Kota Solok yang disaksikan oleh Tuo Silek dan guru-guru silek yang dan diakhiri dengan makan bersama.

Turut hadir dalam Kegiatan,Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H. Daswippetra, Kasat Binmas Polres Solok Kota, Ketua LKAAM Kota Solok, Ketua KAN Lubuk Sikarah Kota Solok, Kepala Dinas Pariwisatanya Kota Solok,Tuo Silek, Guru dan anggota sasaran Silek dari Kota Solok dan sekitarnya.

Pewarta : 007/008.

Posting Komentar

0 Komentar