Recent Post



Mahasiswa KKN PPM Unand Sosialisasikan PHBS dan Pemilahan Sampah-3R di SDN 08 Muaro Pingai

Mahasiswa KKN PPM Unand sedang mensosialisasikan PHBS di SDN 08 Muaro Pingai pada Rabu, 2 Agustus 2023

Solok, BN-News -Mahasiswa Unand yang sedang melaksanakan program KKN PPM di nagari Muaro Pingai mengadakan acara sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di SDN 08 Muaro Pingai, kec. Junjung Sirih, kab. Solok, Sumatera Barat pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Kontributor BN-News Firdaus melalui rilisnya menyampaikan "kegiatan ini dimulai pukul 13.30 Wib. dan berakhir pukul 15.30 WIB. Fokus utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 2 dan 3 tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, teknik mencuci tangan yang benar, urgensi dalam memilah sampah organik dan anorganik, serta konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) serta pemilahan dan pengelolaan sampah."


"Acara ini dilaksanakan oleh sebanyak 22 orang mahasiswa yang dipimpin oleh Ahmad Zikri dari departemen Sastra Indonesia angkatan 2020." katanya.

"Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya KKN PPM Unand dalam mendukung program pencegahan stunting di lokasi KKN." tambah Firdaus.

"Selain itu juga menanamkan pola perilaku yang tepat dalam mengelola sampah sejak usia dini sangat penting, mengingat masa tersebut merupakan tahap emas dalam membentuk karakter seseorang. Konsep pengelolaan sampah yang ideal untuk saat ini khususnya di Indonesia adalah dengan menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle)". papar Firdaus.

"Dalam acara tersebut, Husna Amalia dari departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat menyampaikan materi tentang PHBS, sementara Firdaus dari departemen Akuntansi menyampaikan materi mengenai pemilahan sampah-3R." paparnya.

"Program sosialisasi PHBS ini adalah sebuah program yang memberdayakan siswa untuk menerapkan pola hidup sehat guna menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. Kegiatan cuci tangan pakai sabun pada murid SD merupakan salah satu upaya penting dalam mendukung kesehatan dan kebersihan anak-anak", kata husna (salah seorang mahasiswa).

"Selama sosialisasi, mereka mendapatkan materi melalui presentasi yang didukung oleh materi power point yang menarik. Selain itu, acara ini juga mencakup sesi praktek dan kuis berhadiah yang dirancang untuk meningkatkan antusiasme serta interaksi peserta." terang Firdaus.


"Peserta terlihat sangat antusias dalam merespons materi yang disampaikan dan aktif dalam sesi tanya jawab, bahkan dengan semangat berpartisipasi dalam pertanyaan kuis. Kegiatan ini juga diakhiri dengan post test untuk mengukur pengetahuan peserta setelah mendapatkan sosialisasi, serta penyerahan poster sebagai pengingat materi yang telah disampaikan" katanya.

Kepala SDN 08 Muaro Pingai Herman, S. Pd., menyambut baik upaya dan dedikasi mahasiswa KKN Unand tersebut dalam mensosialisasikan kesadaran ini. Ia menekankan bahwa "isu sampah menjadi perhatian utama, karena masalah ini berpotensi menimbulkan dampak kesehatan yang bervariasi." katanya.


Sasaran Program

Dalam program KKN tersebut, Prof. Elsa Eka Putri, S.T., M.Sc(Eng), Ph.D selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) berpesan bahwa setiap kegiatan program kerja yang dirancang harus menyasar kepada kebutuhan warga setempat serta mengatasi permasalahan yang tengah dihadapi di lokasi pelaksanaan KKN.

Harapannya, kegiatan ini dapat membawa perubahan positif dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat di SDN 08 Muaro Pingai. Lebih dari itu, diharapkan para peserta sosialisasi akan menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari dan turut menyebarkannya kepada teman serta keluarga, guna mendukung terwujudnya lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan." pungkasnya.


Slogan KKN PPM Unand

Dalam buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Andalas, Kepala UPT PDK Unand Dr. apt. Syofyan, S.Si., M.Farm menyampaikan "Universitas Andalas sebagai salah satu perintis KKN di Indonesia sejak tahun 1971, senantiasa berkomitmen dalam menjalankan kegiatan KKN PPM Unand melalui UPT Pembelajaran di Luar Kampus (UPT PDK) dengan berbagai perubahan sesuai perkembangan program Kampus Merdeka sehingga kegiatan KKN PPM menjadi kegiatan yang menarik dan diminati oleh mahasiswa dari tahun ke tahun.

KKN Unand dalam setiap kegiatannya menggunakan slogan "bakti untuk nagari" yang mengandung makna bahwa kegiatan KKN merupakan wadah bagi mahasiswa untuk dapat membaktikan dirinya bagi nagari atau desa sebagai implementasi dari tri dharma perguruan tinggi. Selain itu, KKN juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk belajar hidup bermasyarakat dan menjadikan kehidupan sosial masyarakat menjadi labor untuk mengasah empati dan kepedulian sosial, "alam takambang jadikan guru."

Kontributor: Firdaus

Editor: F. Malin Parmato

Posting Komentar

0 Komentar