Recent Post



Satu Bulan Lagi Akan Menikah, Wali Nagari Koto Tuo, Kec. Harau Meninggal Dunia


Lima Puluh Kota, BN-News - Bendera setengah tiang terpasang di halaman kantor wali nagari Koto Tuo pertanda masyarakat sangat berkabung atas wafatnya Eko Pratama S.Pd. Wali nagari Koto Tuo, kecamatan Harau, kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat pada Senin malam 14 Agustus 2023 pukul 23:05 WIB di Rumah Sakit Prima Pekan Baru dalam usia 34 tahun.

Innaa lillaahi wa Inna Ilaihi Raaji'un, sesungguhnya kita semua adalah milik (atas kuasa) Allah dan sesungguhnya kita kepada-Nya akan kembali.


Alm. Eko Pratama Wali Nagari Koto Tuo kec. Harau

Pemuda kelahiran Tanjung Pati, 20 November 1989 ini baru 410 hari (1 tahun lebih dua bulan) menjabat sebagai Wali Nagari Periode 2022-2028.

Ia dilantik oleh bupati Limapuluh Kota H. Safaruddin, S.H., Dt. Bandaro Rajo pada Jum'at, 1 Juli 2022 bersama 68 Wali Nagari terpilih lainnya sekabupaten Limapuluh Kota di kantor bupati Limapuluh Kota kawasan bukik Limau Sarilamak.

Sekretaris nagari Koto Tuo Alex Sandra, S.Pd.I kepada awak media ini menceritakan bahwa Almarhum jauh sebelum meninggal telah mengeluhkan penyakit Abses di paha kirinya. Sebelumnya ia sudah dirawat di Latina Medika Lampasi selama 4 hari. Setelah merasa senang kemudian ia pulang. Tidak berselang lama, bangkit lagi sakitnya, ia mengeluh kakinya tidak bisia digerakkan, lalu berobat lagi dengan suami dari dr. Zainab di Payakumbuh. Kemudian kambuh lagi, lalu pada hari Kamis (10/08/2023) lalu dilarikan ke RS Prima Pekanbaru, karena adiknya bekerja di situ.

Sebelum dioperasi, 2 hari kemudian bengkak bisulnya meletus keluar darah hitam, sehari setelah itu pada hari Senin pagi (14/08/2023) dalam kondisi sangat drop ia menjalani operasi dan akhirnya meninggal dunia.

Menyedihkan lagi anak Sulung dari dua bersaudara ini putra dari pasangan ibu Hermita.S.Pd Kepala SDN 04 Sarilamak dan bapak Dalfian.S.Pd yang juga mengajar sebagai guru Olahraga di SD tersebut sedang bertunangan dengan seorang gadis lulusan UNP yang baru diwisuda orang kampungnya juga di Koto Tuo. Gadis itu adalah adik sepupu dari Sekretaris Nagari Koto Tuo Alex Sandra. Tanggal 24 Oktober 2023 ini (1 bulan lagi) direncanakan akan melangsungkan pernikahan.

Di rumah duka di Jorong Pulutan Nagari Koto Tuo Kec. Harau Ribuan orang datang melayat, menshalatkannya di Masjid Al-Ikhlas Pulutan sampai mengantarnya ke pemakaman umum Padang Tinggi di arah belakang Masjid tersebut. 21 Shaf penuh laki-perempuan, tidak kurang dari 1.350 orang ikut berjamaah menshalatkan jenazahnya.

Nampak hadir pada prosesi pemakamannya anggota Perwana Liko (Persatuan Wali Nagari Lima Puluh Kota), kepala-kepala Dinas, dari kepolisian, Koramil, guru-guru, mantan bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, teman-teman serta Karib-Kerabat lainnya.

Ketua Umum Persatuan Wali Nagari Limapuluh Kota (Perwanaliko) periode 2023-2026 Wali Nagari Sungai Naniang Penyul Hasni dalam sambutan menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, kami memohon maaf atas segala kekhilafan. Ia juga menyampaikan salam maaf dari Bupati Limapuluh Kota yang sekarang sedang melakukan kunjungan kerja ke jakarta.

"Kami mewakili perwana Liko mengucapkan maaf, semoga beliau dalam husnul Khatimah dalam lindungan Allah Swt." katanya.


Photo: Haji Saiful (Kiri) dan Eko Pratama (kanan) 

Tokoh masyarakat Koto Tuo H. Saiful. SP yang pernah juga sebagai ketua Panitia Pilwanag Nagari Koto Tuo menyebutkan di salah satu status facebooknya "Anak muda yang mempunyai visi "Maju, Unggul, Disiplin dan Amanah (MUDA) diberikan kepercayaan oleh masyarakat memimpin nagari Koto Tuo Kecamatan Harau periode 2022-2028 dengan memperoleh jumlah 1.287 suara (36,7%) dari jumlah suara sah yang datang ke TPS sejumlah 3.533 pemilih, pada pemilihan Walinagari Kototuo Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota Rabu, 25 Mei 2022." ujar Saiful.

Pewarta: F. Malin Parmato

Posting Komentar

0 Komentar