Recent Post



Dukung UMKM dan Hasil Karya WBP, Kanwil Kemenkumham Sumbar Gelar Legal Expo

PADANG, BN News - Legal Expo yang digelar oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar dalam menyemarakkan hari lahirnya Kementerian Hukum dan HAM RI di Kawasan Gor H. Agus Salim Padang berlangsung selama dua hari yang dimulai pada hari ini (05/08) hingga tanggal 6 Agustus mendatang menghadirkan Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharulllah, Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto bersama Forkopimda Provinsi Sumatera Barat, berbagai lembaga hukum seperti Peradi dan LBH sumbar, jajaran pengayoman dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar beserta seluruh lapisan masyarakat se-Sumatera Barat.

Kegiatan ini juga menghadirkan para UMKM se-Sumatera Barat yang mempromosikan produk unggulannya masing-masing disertai dengan seluruh mitra kerja Kanwil Kemenkumham Sumbar. Selain itu, jajaran pengayoman juga tidak mau kalah dengan menampilkan produk unggulannya masing-masing, yang dimulai dengan produk yang dihasilkan oleh warga binaan dari Lapas dan Rutan, pengurusan paspor oleh Imigrasi, hingga layanan hukum berbasis HAM.

Kegiatan Diwali dengan menampilkan kesenian khas Minangkabau dari warga binaan Lapas Kelas IIB Payakumbuh berupa randai.

Kakanwil Sumbar selaku ketua pelaksana kegiatan dalam melapornya mengatakan kegiatan Legal Expo ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan maksud untuk membangun budaya hukum dan kreativitas masyarakat Sumatera Barat.

Haris juga menyampaikan dari Puluhan stand di legal Expo diisi dari produk para warga binaan pemasyarakatan yang ada di Sumbar.

“Banyak produk produk dari Warga Bianaan Pemasyarakatan (WBP) yang cukup berkualitas ada di sini, seperti sendal, sepatu, tas, dan berbagi souvenir”.  Ujarnya

Selanjutnya kegiatan Legal Expo ini dibuka oleh Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya menyampaikan rasa kagum yang sangat luar biasa gelaran Legal Expo yang di buat oleh Kanwil Sumbar dimana bisa menampilkan berbagai usaha dari UMKM dan WBP.

“Dengan adanya Expo ini tentu kita sangat mengapresiasi, bukan saja bisa menghadiri produk UMKM tapi juga produk produk yang dihasilkan oleh para Warga Binaan Pemasyarakatan”.  Tuturnya

Gubernur Sumbar yang akrab dipanggil Buya tersebut mengharapkan agar semua lapisan masyarakat disetiap Kabupaten/ Kota se-Sumatera Barat terus berinovasi apalagi menciptakan lapangan kerja baru sehingga bisa membangkitkan perekonomian Sumatera Barat kedepannya. 

“Kepada masyarakat Sumatera Barat teruslah berkarya jangan takut untuk mendaftarkan merk ataupun paten agar dapat menaikkan nilai produk yang dihasilkan dan ini juga termasuk kepada warga binaan sehingga setelah bebas dapat kembali ke masyarakat nantinya”. Harapnya. 

Kemudian Gubernur Sumbar didampingi oleh Kakanwil Sumbar beserta Forkopimda Sumbar berkeliling melihat hasil karya dari warga binaan dan seluruh pelaku UMKM yang diperagakan. 

Pewarta : 007/008/Humas Kemenkumham Sumbar)

Posting Komentar

0 Komentar