Recent Post



Kanwil Kemenkumham Sumbar Rapat Persiapan Menyambut Hari Dharma Karya Dhika dan HUT RI Ke -78 Tahun 2023

PADANG, BN News -  Bertempat di Aula Pengayoman, Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar menggelar rapat persiapan pelaksanaan kegiatan Peringatan HUT RI ke-78 dan Hari Kemenkumham Hari Dharma Karya Dhika ke-78 Tahun 2023, Rabu (12/07).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto didampingi oleh Seluruh Kepala Divisi, pejabat administrator dan pengawas, serta Ka.UPT Pemasyarakatan se-Kota Padang.

Seluruh UPT di lingkungan Kemenkumham Sumbar juga menghadiri kegiatan ini secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bagian Umum, Hasran Sapawi yang menyampaikan tujuan pelaksanaan rapa, yakni untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Peringatan HUT RI Ke-78 dan Hari Kemenkumham “Hari Dharma Karya Dhika” Ke-78 Tahun 2023.

Kakanwil berpesan bahwa harus mempersiapkan dua agenda secara harus bersamaan, yakni HUT RI ke-78 dan Hari Kemenkumham (HDKD) ke-78.

“Saya minta komitmen, keguyuban, kekompakan seluruh Team Work Kemenkumham Sumatera Barat untuk menyukseskan kegiatan in”. Ujar Kakanwil

Ia menjelaskan ada beberapa hal yang harus disampaikan sesuai arahan Sekretaris Jenderal Kemenkumham selama HUT RI dan HDKD ke-78, yaitu;
1. Ada agenda kegiatan yang sudah tersusun seksama dari pusat. Ada beberapa
kegiatan yang juga boleh dilakukan di daerah menyesuaikan dengan kondisi masing-masing. Laksanakan dengan baik.

2. Untuk kegiatan yang sifatnya mengumpulkan banyak personal dari seluruh UPT di satu tempat, perlu diingat arahan dari Pimpinan untuk tetap memastikan keamanan dan ketertiban UPT selama kegiatan. Yakinkan bahwa selama proses kegiatan yang dilakukan, apabila kita menghadirkan pihak eksternal, satker kita dalam posisi aman. Apabila petugas ikut sebagai peserta, tidak boleh pengamanan di Lapas/ Rutan personilnya berkurang secara kuantitas dan kualitas keamanan. Kebijakan harus dibuat oleh Kasatker untuk mengatur keterisian posisi penjagaan. Jika ada yang izin, harus ada pengganti. Tidak boleh ada kekosongan.

3. Tidak ada kegiatan lain yang sifatnya euphoria saja. Laksanakan seluruh kegiatan sesuai jadwal yang sudah teragendakan dengan baik.

4. Jangan ada berita viral negatif di tempat kita bekerja. Saat ini kita harus memviralkan berita positif terkait instansi kita. Sudah dimulai dengan pemasangan umbul-umbul dan giat olahraga Mini Soccer yang dibuka pada 11 Juli 2023.

5. Jaga kesehatan dan selalu berdoa untuk lancarnya pelaksanaan agenda yang kita rencanakan.

Selanjutnya Kepala Divisi Administrasi, Ramelan Suprihadi juga menyampaikan bahwa Kegiatan HDKD sudah digariskan dari pusat dan terjadwal disertai dengan kegiatan lain yang kita akan laksanakan, baik kegiatan turunan dari pusat dan kegiatan khusus Sumbar, sudah ada rinciannya pada pedoman kegiatan dan SK Kegiatan yang dikeluarkan oleh Kepala Kantor Wilayah yang beberapa diantaranya yaitu;
1. Kita akan melaksanakan kegiatan ziarah dan membersihkan Taman Makan Pahlawan di daerah lingkungan Satker masing-masing pada 3 Agustus 2023. Akan
dilaksanakan pula pemberian bantuan pada Veteran Penjuang Kemerdekaan.

2. Untuk kegiatan donor darah hingga saat ini masih dalam proses koordinasi dengan PMI Provinsi, apakah dilaksanakan di masing-masing satker atau terpusat di Kantor Wilayah. Diagendakan sesuai jadwal PMI dan Satker.

3. Untuk giat wisuda purnabhakti pengayoman dan silahturahmi sesepuh akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2023 mengikuti jadwal pusat.

4. Giat olahraga tenis 20-22 Juli sudah ditentukan perwakilannya dan menembak 19 Juli 2023 yang diwakili oleh Karutan Muara Labuh dan Karutan Padang Panjang.

5. Kegiatan Pelayanan Publik 8 Juli-4 Agustus 2023, akan dikoordinir oleh Kantor Wilayah. Keikutsertaan UPT bisa dalam bentuk booth pelayanan publik seperti pelayanan paspor dan pameran hasil karya WBP.

6. Koordinator harap segera Menyusun dan menyampaikan rencana pelaksanaan kegiatan dan harap dikumpulkan ke Sekretaris HDKD 78 agar angan sampai bentrok dengan jadwal pusat yang sudah ada.

7. HDKD semarak, tugas fungsi tetap jalan dengan baik. Agar tidak ada gangguan Kamtib dan permasalahan yang mengganggu pelaksanaan tusi kita.

8. Jadwal akan segera disebarluaskan setelah para koordinator menyerahkan rencana kerja dan jadwal kegiatan dalam 2 hari kedepan.

Kemudian sebelum rapat persiapan menyambut HUT RI dan HDKD ke-78 ini ditutup, Kakanwil menambahkan terdapat agenda untuk menyemarakkan HUT RI dan HDKD ke-78 dari Kanwil Sumbar yang diikuti UPT ada 2, yakni 1) lomba karoke, diikuti 1 laki-laki dan 1 perempuan; 2) Fashion Show Busana Adat yang diikuti oleh (Catatan: Bukan busana penganten). Juri telah ditetapkan dari Eksternal: uda uni Sumbar, Budayawan, dan Ibu Kadivyankum. 


Pewarta ' 007/008/Humas Kemenkumham Sumbar

Posting Komentar

0 Komentar