Recent Post



Firdaus : Khatam Bukan Akhir dari Mangaji Qur'an

PANINJAUAN, BN News  - Guru TPA di Jorong Tabubaraie, Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Firdaus Khatik Sutan, meminta agar anak-anak yang sudah khatam qur'an untuk tetap membaca dan mempelajari qur'an. 

"Khatam bukan akhir dari mangaji qur'an," begitu disampaikan Firdaus Khatik Sutan, ketika menyampaikan sambutan pada pembukaan khatam Qur'an se-Jorong Tabubaraie yang dipusatkan di Masjid Al Bayan Jorong Tabubaraie, Sabtu 8 Juli 2023 pagi. 

Menurutnya, helat khatam qur'an ini hanyalah ujian untuk melihat sejauh mana anak-anak bisa membaca qur'an dari apa yang sudah diperoleh atau dipelajari selama belajar di TPA masing-masing.

Dia juga berpesan kepada wali murid untuk tetap mengawasi dan mengingatkan anak-anaknya untuk terus membaca dan mempelajari qur'an. "Dan kepada orangtua kami berharap tetaplah disuruh, diawasi anak anak kita untuk tetap membaca qur'an," pinta Firdaus Khatik Sutan. 

Sementara itu, Wali Nagari Paninjauan, IC Dt.Batuah Nan Kuniang, menyebut katam quran ini adalah tradisi, bukan berarti akhir dari membaca qur'an. Menurutnya, khatam Ini adalah awal bagi anak anak untuk memperdalam kajian qur'an. 

Wali Nagari juga memuji capaian prestasi anak-anak nagari Paninjauan dalam perhelatan MTQ tingkat Kecamatan X Koto, yang sudah 4 kali menjadi juara umum. 

"Kami berharap untuk MTQ tingkat kecamatan tahun ini semoga kita masih bisa mempertahankan juara umum di Kecamatan X Koto," harap Wali Nagari menyemangati anak-anak yang khatam qur'an.

Sebelumnya, Ketua Panitia Khatam qur'an,  D.Khatik Batuah, menyebut untuk tahun ini ada sebanyak 41 anak-anak yang ikut khatam dari 4 TPA yang ada di Jorong Tabubaraie. Dari TPA Data, TPA Perjuangan Bulaan Tabek, TPA Masjid Al Bayan, dan TPA Hidayah Banto. 

Dirinya, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu pelaksanaan khatam quran ini baik secara moril maupun materil sehingga acara berjalan lancar.

 "Terimakaisi kami ucapkan kepada semua pihak yang telah dan turut ikut serta membantu baik moril maupun materil untuk kesuksesan pelaksanaan khatam quran tahun ini," sebutnya.

Perwakilan orangtua murid yang khatam, mengucapkan terimakasih kepada guru-guru TPA se-Jorong Tabubaraei. "Dari anak kami yang tidak bisa membaca qur'an menjadi bisa, terimakasih kepada guru-guru TPA," ucapnya. 

Disampaikannya, keberhasilan anak-anak murid dalam menuntut ilmu khusus membaca qur'an juga tidak terlepas dari bantuan pemerintah nagari baik secara moril maupun materil.  

"Terimakasih kepada pemerintah nagari yang sudah memberikan bantuan baik moril maupun materil. Terimakasih juga kepada Panitia Khatam qur'an sudah bekerja siang malam untuk mensukseskan kegiatan ini," sebutnya. 

Tampak hadir pada pembukaan acara khatam quran se-Jorong Tabu Baraei, Wali Nagari Jao, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan X Koto, KAN, BPRN, Pengurus Masjid Al Bayan, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Pemuda, serta tokoh-tokoh masyarakat, wali murid serta tamu undangan lainnya. 

Sebelum pembukaan, 41 anak-anak yang ikut khatam qur'an diarak sekeliling kampung dari TPA Data, menuju Masjid Al Bayan. Diiringi drum band dengan penampilan yang memukau masyarakat yang ikut melihat disepanjang jalan yang dilewati. Menambah semakin semarak alek khatam quran se-Jorong Tabu Baraei.

Pewarta :  khatik

Posting Komentar

0 Komentar