Recent Post



Tiga Bacaleg Tingkat Provinsi Dari Partai Yang Berbeda Adu Argumentasi.

Bukittinggi BN-News_ Tiga bacaleg Tingkat Provinsi dari partai yang berbeda adu argumentasi Pada jumat ( 2/6/2023) malam, dalam acara debat bacaleg 2024, yang di dukung oleh Tim Parlemen Komunikasi dan Edukasi Kota (Pakek) yang beralamat di jalan by Pass, tepatnya di depan Budiman Swalayan Bukittinggi.

Dengan dinamika pusat, terkait isu pemilu dengan sistem proporsional terbuka atau tertutup, hal ini pasti akan berimplikasi pada kompetisi demokrasi daerah.
Maka dengan itu Pakek mengankat Tema "Ada apa Terbuka dan Tertutup" 

Debat antara tiga bacaleg dari partai yang berbeda sangat sengit, Edison dan Rinaldi memilih pemilu di tahun 2024 mendatang lebih cenderung terbuka sedangkan Dafriyon dari partai PDI-P cenderung pemilu mendatang lebih kuat untuk tertutup, masing -masing mereka mempunyai pendapat dan pandangan berbeda.

Seperti halnya disampaikan Rinaldi dari partai Gerindra, Ia memberikan pandangan jika pemilu tertutup, hal ini akan mencederai demokrasi, hal ini menjadi yang mengkhawatrirkan terhadap masyarakat.

"Dengan adanya sistim ini, kita yakin adanya gejolak pada masyarakat, dengan tegas partai gerindra menegaskan menolak proposional tertutup hakekat demokrasi adalah bagaimana memerdekan masyarakat indonesia" ucapnya 

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Edison Katik Basa dari partai Golkar juga bacaleg provinsi sumbar, memberikan pandangan yang sama dengan Rinaldi.

Kata Edison Katik Basa, dalam pemilu ini jika kita rujuk kepada UU nomor 17, menyatakan dengan tegas juga menolak pemilihan proposinal tertutup.

Sesuai Pasal 1 kententuan umum ada pengertian , yang baku dan tidak di rekayasa, politik adalah sarana untuk memilih DPRD tidak memilih partai, dan pemilu di laksanakan secara terbuka, pemilihan terbuka adalah suatu sistem yang menilai dalam pemilihan caleg 

Beda halnya yang disampaikan oleh Dafriyon dari Bacaleg dari Partai PDI-P menyebutkan, lebih cendrung sistem pemilihan secara tertutup, Ia sangat setuju dengan sistem proposionsl tertutup.

"Demokrasi di indonesia sudah berjalan dengan baik, karena sistem terbuka ini banyak kekurangannya, di antaranya, terjadi nya politik uang, oppurtunis, dan lain lain, di perkirakan hanya untungnya untuk caleg tersebut, karena apabila terpilih akan ada ladang untuk mencari nafkah bagi caleg tertentu dan tidak dapat mensejahterakan rakyat"

Lanjut Dafriyon" Dengan adanya proposional tertutup, ini kan sudah adanya uji materil dari MK, sebelum di putuskan", ujarnya.

Dalam diskusi kali ini, bacaleg Edison katik Basa dari Partai Golkar dan Rinaldi dari Partai Gerindra saling membantah statmen dari Dafriyon, Dafriyon terus bersikukuh dengan pendiriannya bahwa pemiliu di 2024 mendatang pemilu mendatang ia tetap mendukung sistem tertutup.

Namun pengujung debat Jontra sebagai moderator ketika menutup debad saat itu, menyampaikan dalam debat ini " kita sepakat untuk tidak sepakat" cuma pemeriksalah yang menilai apa mau terbuka atau tertutup nanti kita tunggu aja keputusan dari MK nantinya, pungkas Jhontra.
Pengujung kegiatan, walaupun berbeda pandangan dan pendapat terkait pemilu tertutup atau terbuka, ketiga bacaleg Provinsi ini  tetap kompak, hal tersebut terlihat saat usai debat dengan foto bersama untuk Bangsa Indonesia ***

Pewarta :stm 

Posting Komentar

0 Komentar