Recent Post



Puluhan Pemuda MKS Bukittinggi ikuti Pelatihan Citizen Jurnalism.

Bukittinggi BN News_ Puluhan Pemuda Mandiangin Koto Selayan (MKS) Bukittinggi ikuti pelatihan Citizen jurnalism, kegiatan pada saat itu mengangkat Tema " Informasi Baik Menuju Bukittinggi Hebat “

Pelatihan yang dilaksanakan merupakan anggaran dana pokir H. Syafril S.ST.Par Anggota Komisi I DPRD Kota Bukittinggi, kegiatan dilaksanakan selama dua hari, satu hari di dalam ruangan bertempat di Hotel Nikita Palace ( 25/6/2023) Bukittinggi, kemudian pada hari kedua (26/6/2023) kunjungan ke TVRI Padang.

Kegiatan pelatihan Citizen Jurnalism di buka secara resmi oleh Wali Kota Bukittinggi melalui Kadis Kominfo Erwin Umar, didampingi Kabid kominfo Ramon Arisa Putra, Pranata Humas Ahli Muda Riri Alhadila beserta beberapa orang pendamping lainnya dari Kominfo dan diikuti oleh 27 orang peserta.

Dalam Pelatihan, narasumber disampaikan Firdaus Abie, disamping wartawan senior juga menjabat sebagai sekretaris PWI Sumatera Barat, juga hadir narasumber dari kejaksaan Bukittinggi yang di hadiri oleh, Ferik Demiral, dan dua orang wartawan yang berkecimpung di dunia jurnalist di kota Bukittinggi Roni Novendra dari Harian Rakyat Sumbar dan Rian Vani Putra dari media Kompas86.

Dalam pembukaan, Kadis Kominfo, Erwin Umar menyampaikan begiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan program bagi generasi muda yang tujuannya untuk pengembangan minat dan bakat di bidang kewartawanan 

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini bisa menjadi salah satu wadah bagi pemuda untuk menambah ilmu pengetahuan tentang dunia jurnalis, apalagi di era informasi dan tekhnologi generasi muda harus melek terhadap informasi, ucapnya.

Jadikanlah kegiatan pelatihan jurnalistik ini sebagai pemicu untuk berani menjadi jurnalis dalam mengali berita yang berimbang menuju Bukittinggi hebat di masa mendatang, Jangan hanya dijadikan sebagai peristiwa yang datang dan pergi tanpa ada manfaatnya, "kesempatan ini adalah kesempatan emas, jadi silakan diikuti dengan sebaik-baiknya,” ujar Erwin Umar.
Lanjutnya” kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan program bagi generasi muda yang tujuannya untuk pengembangan minat dan bakat di bidang Jurnalis"

Kemudian kegitan ini juga merupakan salah satu wadah bagi pemuda untuk menambah ilmu pengetahuan tentang dunia jurnalis, apalagi di era informasi dan tekhnologi generasi muda harus melek terhadap informasi, tutur erwin Umar.

Sementara itu Anggota DPRD Kota Bukittinggi H.Syafril mengatakan, Citizen journalism adalah jurnalisme yang dilakukan oleh orang-orang yang bukan merupakan jurnalis profesional.

Akan tetapi, mereka tetap mampu mengumpulkan dan menyebarkan informasi melalui media sosial. Citizen journalism di media sosial, di mana orang-orang membagikan informasi yang bernilai berita padahal mereka bukan jurnalis.

Lanjut Anggota DPRD Kota Bukittinggi H.Syafril, mèngatakan, menjadi jurnalis tidak cukup hanya bisa menulis, harus dibarengi dengan teknik-teknik menulis yang harus dikuasai seorang jurnalis, sehingga jurnalis bisa berpikir kreatif dalam pembuatan berita ujarnya.

Lanjut H.Syafril “ Menjadi seorang jurnalis yang paling utama adalah kecintaan dan suka pada dunia tulis menulis terlebih dahulu, kemudian tak kalah pentingnya adalah berlatih terus sehingga kemampuan kita terasah sehingga menciptakan berita yang berimbang,” ujarnya

Selama mengiukuti pelatihan peserta diberikan materi tentang kepenulisan dan cara menulis berita yang layak tayang di media sosial. Peserta pelatihan juga dilatih untuk membuat berita berdasarkan apa yang kita dengar.

Melalui kegiatan pelatihan jurnalistik melalu dana pokir yang disalurkan, khusus yang hadir saat ini, semoga dapat mengembangkan kemampuan literasi dan dapat menjadi Edukasi bagi masyarakat menuju Bukittinggi Hebat kedepannya, 

Empat jam bersama narasumber Firdaus Abie, pada saat Kegiatan itu, tanpa terasa waktu yang singkat dalam memyampaiakan materi, para peserta terlihat senang karena ada edukasi baru yang di terima di dunia jurnalis.

Firdaus Abi, mengatakan " Kita tidak menuntut setelah ini para peserta jadi wartawan, cuma yang kita sampaikan, para peserta mengetahui profesi seorang wartawan" 

Salah seorang peserta, Desi Yurni, menyampaikan, kegiatan ini bisa menambah wawasan kita di dunia jurnalistik dan ini salah satu penambah ilmu baru bagi kami dalam menulis, pungkasnya ***

Pewarta :stm 

Posting Komentar

0 Komentar