Recent Post



Panwascam ABTB Adakan Rapat Koordinasi, Libatkan Stakeholder Terkait.


Bukittinggi BN-News_Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) Kota Bukittinggi mengadakan rapat koordinasi, Selasa (30/5/2023) sore, disekretariat halan Puding Mas-Tabek Gadang No.55, Aur Kuning, Kec. Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi, terkait daftar pemilih sementara hasil perbaikan akhir yang menjadi cikal bakal DPT di Kecamatan ABTB.

Koordiv SDM Organisasi, Data dan Informasi Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) M.Akmal, S.Hi mengatakan rapat koordinasi bersama stakeholder ini dilaksanakan terkait daftar pemilih sementara hasil perbaikan akhir yang menjadi cikal bakal DPT, ucapnya.

“Tujuan rapat ini diantaranya rilis hasil pengawasan yang telah dilakukan perlu kita sampaikan. Selanjutnya, kita ingin menegaskan bahwa di dalam daftar pemilih merupakan tahapan penting dalam penyelenggaraan pemilu. Berawal dari sini biasanya nanti dari hasil akhir ada terjadi sengketa baik itu hasil maupun proses," ucap Akmal.

Akmal menambahkan sejauh ini, belum ada laporan- laporan yang sangat krusial ditemukan terkait daftar pemilih. Namun, ada data dari daftar pemilih masih tercatat, padahal orangnya sudah meninggal.

“Masih ditemukan pemilih di ABTB yang meninggal dan masih tercatat berjumlah 10 orang. Diantaranya 4 orang di Aua Kuniang, 5 orang di Pakan Labuah dan 1 orang di Kubu Tanjuang. Semuanya sudah meninggal tapi data masih ada. Pemilih yang sudah meninggal tapi masih terdaftar dalam daftar pemilih kecamatan bersama PKD di tiga kelurahan, meminta surat keterangan dari keluarga yang telah meninggal dan diketahui oleh RT/ RW setempat"
Selanjutnya kata Akmal "Kemudian surat keterangan ini dikuatkan surat pernyataan ditandatangani oleh keluarga dan disaksikan oleh RT /RW. Kita sampaikan surat perbaikan kepada jajaran KPU dalam hal ini PPK dengan dilampirkan dengan surat pernyataan itu. Harapan kita, pemilih ini karena sudah tidak memenuhi syarat, maka data tersebut dicoret dari daftar pemilih. Ini akan kita pastikan di DPT nanti saat rapat pleno nantinya,” jelasnya.

Kemudian,juga ditemukan data yang RT/RW nya (Nol-Nol) sebanyak 57 data. Sekarang sudah diselesaikan dan sudah ditemukan sebanyak 11 data dan selebihnya masih dalam proses .

Sementara itu, Camat ABTB Hastine Atas Asih menyampaikan apresiasi kepada Panwascam ABTB atas rapat koordinasi ini dengan melibatkan stakeholder seperti PPK, PPS kemudian KUA.

"Mungkin diharapkan, kegiatan selanjutnya bisa dihadirkan Disdukcapil Kota Bukittinggi. Karena data kependudukan yang berwenang memberikan data Disdukcapil, dan sudah disetujui oleh Walikota Bukittinggi," pungkasnya ***

Pewarta :stm

Posting Komentar

0 Komentar