Recent Post



Luar biasa " Produksi Pembuatan Kue Mangkuak Badeta, Ini kata Serma Guntur

SOLOK, BN News - Babinsa Koramil 01/Kota Solok Kodim 0309/Solok, Serma Guntur melaksanakan kegiatan Karya Basamo Untuak Nagari dibidang makanan yaitu Kue Mangkuak Badeta khas Minangkabau. 

Kegiatan ini juga turut dibantu oleh istri yang dilaksanakan di Rumdis Asrama Kodim 0309/Solok, Jl. Ahmad Yani, Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Selasa (16/5/2023).

Kue Mangkuak Badeta merupakan salah satu kuliner autentik Minangkabau berjenis kue basah yang bebas dari gluten (sejenis protein yang terdapat pada gandum dan tepung). Makanan yang berbahan utama tepung beras, santan kelapa gula merah, gula putih dan rempah-rempah lainnya.

Jajanan tradisional ini sering digunakan sebagai kuliner pelengkap ritual adat di berbagai Nagari di Minangkabau. Kue mangkuak badeta ini salah satu kuliner yang sudah ada sejak lama, apalagi sekarang ini untuk menjumpai kue ini juga jarang dan susah ditemukan.

Babinsa menyampaikan, pembuatan kue mangkuak badeta tersebut untuk bahannya sendiri kali ini menghabiskan bahan sebanyak lima (5) Kg, dengan menghasilkan 220 kue mangkuak badeta.

"Pembuatan kue ini dimulai dari siang hari setelah melakukan pendiaman adonan kue mangkuak badeta, pada sore hari baru dilakukan pembuatan adonan kue, setelah itu pada dini hari baru melakukan pencetakan kue mangkuak badeta dengan cara dikukus menggunakan cetakan dari batok kelapa yang sudah diperhalus dengan kertas amplas," ucapnya.

Lanjutnya, setelah kue mangkuak badeta ini jadi lalu dipasarkan ke tujuh (7) tempat sarapan pagi yang berada di sekitar Kota Solok dan dan sudah termasuk pesanan kue snack catering.

"Alhamdulillah kegiatan pembuatan kue mangkuak badeta tersebut dapat membantu kebutuhan perekonomian, walaupun dengan hasil yang tidak banyak kami merasa bersyukur atas rezeki yang telah diberikan," pungkasnya Guntur.***

Pewarta : 007

Posting Komentar

0 Komentar