Recent Post



Akibat Jalan Longsor, Jalan Sumbar - Riau Terputus, Satu Unit Mini Bus Terseret Hingga ke Pinggir Jurang.





Limapuluh Kota BN-News_ Tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota. Kali ini peristiwa tanah longsor tersebut terjadi di jalan nasional Sumbar-Riau, tepatnya dekat jembatan kembar sebelum flay over atau jembatan Kelok 9, tepatnya  di Jorong Aia Putiah, Nagari Ulu Aia, Kecamatan Harau, Kabuaten Limapuluh Kota.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota, Rahmadinol menginformasikan, musibah tanah longsor yang terjadi di jalan nasional Sumbar-Riau itu terjadi Minggu, (30/4/2023) Sore.

“ Berdasarkan laporan yang diterima pihak BPBD dari masyarakat, akibat tanah longsor tersebut satu unit mobil mini bus sempat terseret material longsor hingga ke pinggir jurang. Namun beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut,” ujar Rahmadinol.

Sejauh ini, belum menjelaskan jenis kendaraan, nomor polisi termasuk kondisi penumpang yang berada di atas mobil mini bus yang terseret material tanah longsor tersebut. Yang pasti, material longsor telah menimbun badan jalan yang menganggu lancarnya jalan nasional Sumbar- Riau itu.

“ Saat ini PPK dan pihak Balai Jalan Sumbar sedang menuju ke lokasi,” ujar Rahmadinol.

"Kepada pengguna jalan nasional Sumbar-Riau, baik bagi perantau yang akan kembali ke Provinsi Riau setelah libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, kita menghimbau  untuk berhati-hati membawa kendaraannya, utamanya yang melintas di jalan nasional kawasan Kecamatan Pangkalan Koto Baru, karena kondisi cuaca sedang tidak baik", Ungkapnya 
Sementara itu Babinsa Koramil 05/Harau, Kodim 0306/50 Kota, Serka Marwinsi yang turun ke lokasi bencana tanah longsor di route jalan lintas Kelok 9 yang terjadi Minggu 30 April 2023 sekira pukul 17.15 WIB melaporkan bahwa peristiwa longsor tersebut terjadi akibat curah hujan yang deras.

Saat ini satu unit mobil pribadi tertimbun limbahan tanah berlumpur dan tindakan yang dilaksanakan yaitu dilakukan pembersihan secara manual oleh Babinsa Koramil 05/Harau di bantu oleh warga dan pengendara yang melintas di tempat kejadian tanah longsor sambil menunggu alat berat untuk membersihkan tanah longsor dan kayu tumbang yang menghalangi arus lalu lintas.

Untuk saat ini arus lalu lintas Sumbar- Riau belum bisa normal, karena masih terhalang tanah dan kayu akibat bencana tanah longsor tersebut, pungkasnya ***

Pewarta :stm

Posting Komentar

0 Komentar