Recent Post



Pabrik AQUA Solok Dorong BSU, Berinovasi Dalam Mengelola Sampah

SOLOK, BN News  - Pabrik AQUA Solok dalam dua tahun terakhir telah membentuk tiga Bank Sampah Unit (BSU) di Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. 

Masing-masing adalah, Bank Sampah Unit Kelok Salayang, yang terbentuk pada tahun 2021 di Jorong Kayu Aro, Nagari Batang Barus. Kemudian Bank Sampah Unit Sarasah Manca, terbentuk tahun 2022 di Jorong Linjuang Koto Tinggi, Nagari Koto Gaek Guguk. 

Dan Bank Sampah Unit Kelok Batuang di Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, yang terbentuk diawal tahun 2023. 

Pembentukan ketiga Bank Sampah Unit (BSU) tersebut merupakan, bagian dari program pemberdayaan masyarakat Pabrik AQUA Solok. 

“Fokus kami adalah bagaimana terus menjalankan bisnis perusahaan sambil memperhatikan masalah sosial lingkungan, termasuk pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengelolaan sampah ini,” tutur Kepala Pabrik AQUA Solok, Endro Wibowo kepada media ini di Arosuka, Rabu (1/2/2023). 

Saat menyampaikan hal itu, Endro Wibowo didampingi Stakeholder Relations Pabrik AQUA Solok, Azrai  dan Koordinator CSR Pabrik AQUA Solok, Jon Betrit. 

Lebih lanjut Endro Wibowo menyebutkan bahwa, Pengelolaan sampah yang dijalankan adalah, mengajak dan bersama masyarakat mengumpulkan dan memilah sampah. 

" Sehingga, sampah itu dapat didaur ulang, ataupun digunakan kembali " tukas Endro Wibowo. 

Ia juga mengatakan, untuk sampah organik, Pabrik AQUA Solok bekerjasama dengan PKBI Sumatera Barat sebagai mitra pelaksana, mengembangkan BSU Kelok Salayang di Jorong Kayu Aro. 

BSU Kelok Selayang kata Endro Wibowo mengemukakan, mengelola sampah organik dari sisa-sisa sampah dapur. Seperti sayuran serta buah, menjadi eco enzyme, yang dapat dimanfaatkan untuk menyemprot tanaman. 

" Sehingga, dapat menyuburkan tanah dan tanaman, menghilangkan hama, serta meningkatkan kualitas dan rasa buah dan sayuran " kata Endro Wibowo. 

BSU Kelok Selayang, Jorong Kayu Aro, ujar Endro Wibowo, 
yang memiliki 131 nasabah ini, terus melakukan inovasi, dengan mengembangkan pertanian regeneratif. 

" Hingga pada 31 Januari 2023, melakukan panen perdana daun prei " pungkasnya. 

Merespon positif dengan apa yang telah dilakukan oleh Managemen Pabrik Aqua Solok itu, Camat Gunung Talang, Donly Wance Lubis, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Barenlitbang Kabupaten Solok, Wali Nagari Batang Barus, Syamsul Azwar,

 juga Pendamping Desa/Nagari, Kepala Jorong Kayu Aro, dan perwakilan Pengurus BSU Sarasah Manca dan BSU Kelok Batuang, turut hadir dan ikut memanen daun prei pada kesempatan panen perdana tersebut. 

"Saya mengapresiasi kegiatan yang dikembangkan Pabrik AQUA Solok melalui Bank Sampah ini. BSU Kelok Selayang, sudah melakukan pengembangan dan inovasi dalam mengelola sampah " ucap Donly Wance Lubis. 

Sangat jarang, kata Camat Donly Wance Lubis, pengelola Bank Sampah yang melakukan hal seperti ini. 

" Dengan melakukan budidaya daun prei dengan memberikan eco enzyme," tuturnya. 

Pada kesempatan itu, Camat Gunung Talang, Donly Wance Lubis berjanji, akan meneruskan terobosan yang dilakukan Pabrik AQUA Solok ini, pada Rapat Koordinasi Kabupaten Solok. 

" Yang juga melibatkan Dinas - Dinas lain " tukasnya.***

Pewarta : Ris

Posting Komentar

0 Komentar