Recent Post



Pengurus MDNG, Yenni Halim, Apresiasi Batagak Pengulu Di Nagari Kubang Putih, Kabupaten Agam.

Agam BN-News_Pengurus Minang Diaspora Network Global atau yang di kenal dengan MDNG dukung pengukuhan batagak Gala (pengukuhan) Datuak di Nagari Kubang Putih Kabupaten Agam pada  Sabtu, (24/12/2022).

Berjumlah 52 Penghulu ( datuk ) dari 14 Jorong pada perhelatan akbar "Batagak Gala" Penghulu di Nagari Kubang Putih sangat kita apresiasi ucap Yeni Halim Pengurus MDNG ini, saat di jumpai awak media di lokasi usai acara kegiatan.

Pada kesempatan itu, Yenni Halim merupakan  suku Payobada dengan Datuk Rangkayo Basa, juga pengurus Minang Diaspora mengatakan, "dengan adanya batagak pengulu, di harapkan ada wadah pada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, jadi kami di minang diaspora sebagai penyalur beasiswa meminta kepada penghulu, mana anak keponakan yang harus di bantu beasiswa pendidikan,"ujarnya.

"Saya sampaiakan, SDM itu lebih perlu dari pada insfrastruktur, apabila suatu daerah mempunyai SDM yang baik, daerah tersebut juga akan berkembang dengan baik", ujarnya.

Lebih lanjut pada saat itu pengurus MDNG juga sampaiakan,  ada kolaborasi yang baik dalam membina generasi muda, berhubung  ninik mamak lebih tahu bagaimana anak keponakan beliau,  bagi generasi muda di minang agar bisa memahami bagaimana sebenarnya adat istiadat di minangkabau ini, seperti halnya perantau pulang basamo perantau minang di Austrlia, sambungnya.

Walau mereka merantau di wilayah yang jauh beda Benua tetapi mereka tetap mendalami bahasa minang, adat istiadat minang, bahkan mereka walaupun pulang ke kampung halaman sekali - sekali tetap mengunakan bahasa minang ujar pengurus MDNG ini.

Sementara itu, Laksma TNI (PURN) Hargianto Dt Bagindo Malano Nan Hitam saat menghadiri acara tersebut menambahkan bangga sebagai orang Minangkabau. Dengan adanya Panghulu di setiap suku di setiap kaum akan lebih bagus karena ada tempat bagi anak kamanakan tempat bertanya.

"Hal ini juga bentuk bela negara, sama saja memperkokoh kekuatan persatuan dan kesatuan khususnya orang Minangkabau," pungkasnya ***

Pewarta :stm

Posting Komentar

0 Komentar