Recent Post



Menuju Pemilu Berintegritas, Bawaslu Bukittinggi Sosialisasi Fasilitasi Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu Tahun 2024.

Bukittinggi BN-News_ Menuju Pemilu Berintegritas, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bukittinggi adakan kegiatan sosialisasi Fasilitasi Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu tahun 2024, kegiatan dilaksanakan di Hotel Campago Bukitinggi pada hari Jumat (23/12/2022).

Kegiatan mengangkat Tema "Tantangan dan Strategi Bagi Jajaran Pengawas Dalam Pelaksanaan Pengawasan Pada Tahapan pemilu 2024" saat itu di buka lansung oleh ketua Bawaslu Bukittinggi Ruzi Haryadi dan diikuti oleh para Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan, dan beberapa insan pers.

Bawaslu Bukittinggi dalam kegiatan tersebut menghadirkan 4 orang narasumber diantaranya Dosen Sya'riah UIN Muhammad Yunus Batusangkar Deri Rizal, Malse Yulivestra, dan Fadli Ramadhanil, dan satu orang narasumber lagi dari Internal Bawaslu, Ruzi Haryadi dan peserta dalam kegiatan tersebut sebanyak 20 Orang.

Ketua Bawaslu Ruzi Haryadi mengatakan, tujuan kegiatan ini agar Panwaslu khususnya mampu menentukan langkah-langkah strategis dalam rangka Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu.

Kemudian juga untuk meningkatkan pemahaman bagi jajaran aparatur pengawas pemilu dan stakeholder tentang pengawasan penyelenggaraan tahapan pemilu dan agar dapat mendeteksi lebih awal dan melakukan pencegahan jika ditemukan pelanggaran dalam pemilu nantinya.

" Sebagai contoh jika ada partai politik yang lolos verifikasi oleh KPU kemudian dilakukan pendekatan dan di saat ada kecurangan, ketahuan nanti bahwa tidak diawasi oleh bawaslu dan hal ini akan menjadi bumerang bagi Bawaslu" ucapnya.

Ruzi Haryadi pada saat itu sampaiakan bahwa motto bawaslu yaitu " Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. Kita harapkan bersama, semoga dengan sosialisasi ini diharapkan pemilu di tahun 2024 mendatang bisa tercipta Aman, Jujur, Adil, dan bermartabat" ujarnya.
Sementara itu, salah satu narasumber, Deri Rizal menyampaikan bahwa pemilu yang akan dilaksanakan pada Tanggal 14 Februari 2024 mendatang, merupakan pemilihan Umum (Pemilu) yang ke 13, diharapkan semoga Pemilu di tahun 2024 tersebut bisa menjadikan pemilu yang berintegritas, ucapnya.

"Peraturan tentang pemilihan umum itu diatur di dalam undang-undang nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, seluruh peraturan dan seluruh regulasi menurut tentang pemilihan umum dapat kita cari di undang-undang Nomor 7 Tahun 2017" tersebut ujarnya.

Pemilu itu merupakan suatu proses yang dimulai oleh rakyat untuk rakyat dan dari rakyat jadi merupakan Pemilu itu merupakan sebuah saran atau Wahana untuk mengimplementasikan kedaulatan rakyat dalam satu periode.

Kegiatan dengan tema Tantangan dan strategi bagi pengawas pemilu dalam setiap tahapan-tahapan yang ada, merujuk kepada kerawanan pemilu dan pemilihan di tahun 2024 yang merupakan amanat undang-undang RI tahun 1945 pasal 22 ayat 1 yang menyatakan bahwasanya pemilihan umum itu dilaksanakan secara langsung umum bebas jujur adil dan dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, perlu sosialisasi ini dilakukan dalam rangka mensukseskan pemilu yang akan di lakukan di tahun 2024.

Dalam undang-undang yang dijelaskan bahwasanya Pemilu itu memang bebas, jujur, adil, umum dilaksankan langsung oleh setiap warga atau orang yang sudah memiliki hak suara dalam setiap pemilihan, semoga Pemilu di tahun 2024 mendatang bisa berjalan sukses dan tidak terjadi hal - hal yang tidak kita inginkan pungkasnya ***

Pewarta :stm 

Posting Komentar

0 Komentar