Recent Post



Program Green Living Ecosystem Penanaman 6000 Pohon Di Area Danau Singkarak

AROSUKA, BN News - Bupati Solok diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asnur, SH, MM menghadiri sekaligus membuka acara Penanaman Pohon dalam Rangka Pencanangan Gerakan Menanam Pohon Indonesia Tahun 2022 yang diprakarsai oleh Badan Pengelola Kawasan Danau Singkarak Berbasis Nagari bekerja sama dengan PLN UPDK Bukittinggi di Halaman Rumah Gadang Subarang Nagari Paninggahan Kecamatan Junjung Sirih, Selasa(22/11/2022).

Tampak hadir Kepala BP DAS Indragiri Rokan, Kepala BWS Sumatera V, Kepala BP DAS Agam Kuantan, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Kepala PLN UPDK Bukittinggi, Camat beserta Forkompimcam Sekitar Danau Singkarak, Walinagari bersama Tokoh-tokoh Masyarakat Nagari Sekitar Danau Singkarak, Kelompok Tani Junjung Sirih dan Tamu Undangan Lainnya.

Bupati Solok melalui Kepala DLH menyampaikan “Penanaman pohon ini juga upaya kita bersama dalam memenuhi tanggung jawab daerah dalam pelaksanaan Perpres 60 tahun 2020 mengenai aksi penyelamatan Danau Prioritas I yaitu Danau Singkarak". 

Pada penanaman kali ini Badan Pengelolaan Kawasan Danau Singkarak mendapatkan bantuan berupa 6000 bibit tanaman produktif dari PT. PLN UPDK Bukittinggi seperti cengkeh, alpukat dan manggis serta 1000 batang bibit rambutan dari Balai Wilayah Sungai Sumatera V. 

Lanjutnya Asnur bahwa sekiranya penanaman pohon tidak hanya sekedar seremonial belaka, diharapkan tanaman yang ditanam di 5 Nagari dari 13 Nagari di salingka Danau dapat dipelihara dan dijaga sampai nantinya menjadi tanaman produktif yang memberikan nilai ekonomis untuk masyarakat. Adapun Nagari yang mendapat bantuan bibit tahap I ini adalah Nagari Sumani, Tikalak, Saniangbaka untuk Kabupaten Solok dan Nagari Simawang serta guguak Malalo Kabupaten Tanah Datar. 
Asnur selaku Kepala DLH juga mengatakan "Penanaman pohon di sekitar Danau dapat sebagai konservasi alami dalam penyediaan air, karena kebutuhan air di danau sebagai alat untuk menggerakkan turbin PLTA Singkarak.Untuk itu air danau tersebut harus dijaga dengan cara menanam pohon agar sumber air akan banyak dan air danau tidak berkurang. Air danau merupakan investasi bagi PLN dan apabila air berkurang makan berdampak terhadap arus listrik".
 
Pewarta : 007/008

Posting Komentar

0 Komentar