Recent Post



Pemko Solok Gelar Diskusi Panel Manajemen Kasus Stunting Tahap 2

SOLOK KOTA, BN News - Pemerintah Kota Solok menggelar Diskusi Panel Manajemen Kasus Stunting Tahap 2 yang dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM bertempat di The Wish Hotel  (01/11). 

Wawako Solok dalam sambutannya mengungkapkan Peningkatan kualitas manusia Indonesia merupakan salah satu misi sebagaimana tertera pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan salah satu indikator dan target adalah prevalensi stunting (pendek dan sangat pendek) pada balita yaitu 14 persen pada tahun 2024.
Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting telah ditetapkan 5 (lima) strategi nasional dalam percepatan penurunan stunting yaitu :

1. Peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan di
kementerian/ lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/ kota dan pemerintah desa;
2. Peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat;
3. Peningkatan konvergensi intervensi spesifik dan intervensi sensitive di kementerian/ lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/ kota dan pemerintah desa;
4. Peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat;
5. Penguatan dan pengembangan sistem data, informasi, riset dan inovasi.

Ramadhani  menjelaskan, angka stunting di Kota Solok berada pada 18,5 persen. Meskipun sudah mencapai angka dibawah 20 persen dan menjadi daerah dengan persentase terkecil di Sumatera Barat, penanganan tetap perlu dan segera dioptimalkan.

Salah satu kegiatan prioritas yang tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Nomor 12 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting Indonesia adalah Audit Kasus Stunting.

“Dimana dalam penyelenggaraannya, perlu dilakukan tinjuan kasus stunting dari tim pakar sesuai keahlian masing masing baik dari ahli dokter anak, dokter obgyn , psiikolog dan ahli gizi yang akan memberikan masukan dan tindakan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergen dan terintegrasi dengan melibatkan lintas sektor di setiap tingkatan wilayah mulai dari kota hingga ke tingkat kelurahan yang dikenal dengan Tim Pelaksana Percepatan Penurunan Stunting disingkat TPPS” tutur wawako. 

Selanjutnya, intervensi stunting harus  dimulai dari hulu yaitu kepada remaja dan calon pengantin,ibu hamil dan anak umur balita. 

Wawako sadari  untuk mencapai hasil yang optimal, dibutuhkan dukungan dan bantuan dari semua pihak untuk menyukseskan percepatan penurunan stunting di Indonesia menjadi 14 persen pada tahun 2024. 

“Dengan audit ini diharapkan akan ditemukan faktor-faktor penyebab timbulnya stunting, penghambat penatalaksanaan kasus stunting sehingga akan disepakati solusi yang dapat dilakukan kedepan berdasar analisa para pakar yang kompeten dibidangnya, Harapan Kami, dengan sumbangsih pemikiran yang dituangkan dalam kertas kerja Audit dan Rencana Tindak Lanjut yang telah disusun dari para pakar bersama dari OPD terkait dan kecamatan ini memberikan rekomendasi penanganan kasus dan perbaikan tata laksana kasus serta upaya pencegahan yang harus dilakukan dan membawa dampak terhadap penurunan kasus stunting di Kota Solok” harap wawako. 

“Demikian juga dengan TPPS yang telah dibentuk dapat berperan secara efektif, konvergen dan terintegrasi dengan melibatkan lintas sektor terkait dalam mencegah lahirnya anak stunting, serta mengoptimalkan peran Tim Pendamping Keluarga sebanyak 56 Tim yang ada se-Kota Solok” tutup wawako. 

Turut hadir Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Barat Ibu Fatmawati, ST, M.Eng. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Fatmawati menambahkan, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) bertugas untuk melakukan koordinasi, sinergi dan evaluasi secara efektif, konvergen dan terintegrasi dengan melibatkan Iintas sektor. “TPPS Secara berjenjang melakukan deteksi dini dalam percepatan pencegahan dan penurunan stunting di Kota Solok”ungkapnya.

Pewarta : 007/008.
Prokomp kota Solok.

Posting Komentar

0 Komentar