Recent Post



MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kota Solok di Tutup Wako Solok

SOLOK KOTA, BN News - Setelah seluruh rangkaian Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-40 Tingkat Kota Solok selesai, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar secara resmi menutup kegiatan keagamaan tersebut, Senin (24/10/2022) Di Gor Tanjung Paku, Kota Solok. 

Turut hadir, Forkopimda Kota Solok, Sekda Kota Solok, Syaiful A, Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, Afrizal Thaib, Ketua LKAAM Kota Solok, Ketua KAN Kota Solok, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Kepala OPD terkait, Camat, Lurah se-Kota Solok dan para Kafilah MTQ.

Wako Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengatakan, Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan MTQ kali ini berjalan dengan lancar, sukses dan antusias yang tinggi dari masyarakat Kota Solok.

Kegiatan MTQ adalah sebuah bukti kecintaan kita kepada Al Qur'an. Dalam beberapa hari ini kita mendengar lantunan merdu ayat-ayat suci Al Qur'an berkumandang di Kota Solok. "Kita berharap, ketika MTQ berakhir kumandang ayat Suci Al Qur'an akan terus bergema di seluruh rumah tangga di Kota Solok," harap wako.

Kepada seluruh warga kota Solok, agar terus melakukan Maghrib Mengaji antara Waktu Maghrib sampai Waktu Isya untuk memahami dan tadabbur Al Qur'an sehingga kita benar-benar mencintai Al Qur'an dan perilaku kita senantiasa berpedoman dengan Al Qur'an.
"Kalau tidak sekarang kapan lagi, kalau tidak kita yang memulai hal baik ini siapa lagi," sebut Zul Elfian Umar.

Selanjutnya, ucapan terimakasih kepada panitia pelaksana, dewan hakim, para guru MDA, Guru Tahfiz dan kafilah serta pihak terkait yang menunjang kelancaran MTQ ini. Semoga akan lahir kafilah-kafilah yang akan membawa harum nama Kota Solok dalam ajang MTQ di tingkat Provinsi dan Nasional nantinya dan dapat menciptakan generasi Qur'ani di Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah yang kita cintai ini.

Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, Afrizal Thaib mengatakan, MTQ ini bukan tujuan, Al Quran di turunkan juga bukan untuk didendang-dendangkan. Namun, Musabaqah ini banyak manfaatnya. Setidaknya ada tiga tujuan MTQ, pertama untuk melakukan evaluasi yang terbagi dua, evaluasi bagi anak-anak yang belajar Al Qur'an sudah sejauh mana kemampuan yang dipelajari. Serta evaluasi bagi lembaga-lembaga pendidikan Al Qur'an di Kota Solok.

Kedua, untuk memberikan motivasi. Para juara MTQ Tingkat Kota Solok agar mempersiapkan diri untuk MTQ Tingkat Sumbar di Kabupaten Solok Selatan nanti. Ketiga, agar anak-anak kita bisa mempelajari dan menghafal Al Qur'an untuk keselamatan hidupnya di dunia dan akhirat nanti. " Kegiatan ini bukan hanya seremonial belaka, namun banyak manfaat dalam kegiatan MTQ ini," sebut Afrizal.

Adapun Juara Umum MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kota Solok yakni Kelurahan Pasar Pandan Air Mati (PPA). Untuk Juara kedua Kelurahan Kampung Jawa, Juara ketiga Kelurahan Tanah Garam, Juara Keempat Kelurahan Tanjung Paku, serta Juara Kelima Kelurahan Nan Balimo.

Pewarta : B.007/J008

Posting Komentar

0 Komentar