Recent Post



Gowes Jelajah Andaleh Diikuti Ratusan Goweser Dan Gowesir Sumatera

TANAH DATAR, BN News - Kegiatan Gowes Jalajah Andaleh yang diadakan oleh Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar berlangsung meriah. 700 orang goweser dan gowesir berbagai club dari daerah Sumbar, Riau dan Jambi turun meramaikan acara yang digagas oleh Pemerintah Nagari bersama Masyarakat Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar selama dua hari dan puncaknya, Minggu (8/9).

Pada acara Gowes Jalajah Andaleh yang  memulai star di Lapangan Bola Andaleh, ratusan goweser dan gowesirt mengitari rute mengelilingi Nagari Andaleh sekitar 13 kilometer dan finish di medan Nan bapaneh Nagari Andaleh. Sepanjang rute gowes tampak ribuan jenis bunga terpajang didepan rumah masyarakat sebagai unit usaha rumah tangga masyarakat Nagari Andaleh. 

Kegiatan Alek Nagari Andaleh Expo merupakan rangkaian acara Satu Nagari Satu Event Tahun 2022 yang dicanangkan oleh Pemda Kabupaten Tanah Datar pada setiap Nagari di Kabupaten Tanah Datar. Khusus di Nagari Andaleh digelar Andaleh Expo yang berisi berbagai kegiatan pameran bunga, pementasan seni budaya dan gowes.

Menurut Ketua Pelaksana Alex Nagari Andaleh, Hengki Trinanda, acara Andaleh Expo diadakan selama dua hari 7-9 September 2022 untuk memperkenalkan Nagari Andaleh kepada masyarakat Sumbar dan diluar Provinsi Sumatera Barat, baik budaya maupun potensi nagari yang berjulukan Nagari Sejuta Bunga. 
"Acara Andalas Expo diadakan sebagai Alek Anak Nagari Andaleh Tahun 2022 yang berisi berbagai acara seni dan budaya dilaksanakan selama dua hari dan penutupan acara digelar kegiatan Gowes Jelajah Andalas yang diikuti lebih kurang 700 orang Goweser dan Gowesirt dari berbagai club dari daerah Sumbar, Riau, Jambi dan Aceh sebagai penutup acara Andaleh Expo" ujar Hengki Trinanda. 

Pada penutupan Andaleh Expo tampak hadir Bupati Tanah Datar Eka Putra, Anggota DPRD Tanah Datar Nova Hendria Dt. Pado Kayo, Kadis Pariwisata Tanah Datar Hendri Agung Indrianto, Camat Batipuh Khairunnas, Forkompincam Batipuh, Wali Nagari Andaleh, tokoh masyarakat Basrizal Dt. Panghulu Basa, tokoh muda Pabasko Allex Saputra serta ratusan warga masyarakat nagari Andaleh dan ratusan peserta gowes. 
Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya memuji dan bangga kepada masyarakat Nagari Andaleh Batipuh yang sudah menggelar acara Andaleh Expo. Tidak lupa Bupati menyampaikan permohonan maafnya tidak bisa hadir pada pembukaan Andaleh Expo kemaren (Sabtu 7/8). Bupati Eka menyampaikan karena ada acara pertemuan dengan Pemerintah Uni Emirat Arab di Jakarta. Ia mengaku dalam pertemuan dengan Pemerintahan Uni Emirat Arab kemaren, memperkenalkan Nagari Andaleh kepada Uni Emirat Arab. 

"Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah dan Masyarakat Nagari Andaleh atas terlaksananya dengan sukses acara Andaleh Expo. Ini acaranya sukses luar biasa bisa menghadirkan peserta gowes ratusan orang berbagai club di Sumbar dan diluar Sumbar di Nagari Andaleh. Inssa Allah kalau Tim Uni Emirat Arab berkunjung ke Tanah Datar akan saya bawa ke Nagari Andaleh melihat tanaman bunga di Nagari Bunga ini" ujar Bupati Eka Putra. 
Usai penutupan acara, diadakan pencabutan doorpreeze yang dilakukan oleh Bupati dengan hadiah sepeda dari perusahan Polygon serta ratusan doorpreeze lainnya yang ditunggu peserta gowes menanbah meriahnya acara penutupan Andaleh Expo dan Gowes Jalajah Andaleh***

Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar