Recent Post



Babinsa Bantu Petani Ubi kayu Dalam Penyemaian Bibit.

SOLOK, BN-News-Serda Doni Martioni Babinsa Aie luo, Koramil 04/Payung Sekaki Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu tanaman ubi kayu di Nagari Panyangkalan Kec. Kubung, Kab. Solok, Rabu (12/10/2022). 

Pendampingan yang dilakukan di wilayah binaanya selain melakukan pendampingan babinsa juga membantu proses penanaman dan perawatan dengan harapan memberi motivasi kepada petani agar petani lebih giat lagi dan tentunya dengan hasil yang sangat memuaskan.

Pangan akan selalu dibutuhkan, mengingat berkaitan dengan kebutuhan pokok dan kesehatan manusia. Salah satu jenis tanaman pangan yang sudah lama dikenal dan di budidayakan oleh petani di seluruh wilayah nusantara adalah ubi kayu. Potensi nilai ekonomi dan sosial ubi kayu merupakan bahan pangan masa depan yang sangkil (berdaya guna), bahan baku berbagai industri dan pakan ternak.

Diketahui, ubi kayu atau singkong ini merupakan salah satu tanaman pangan sumber karbohidrat selain jagung dan padi. Budidaya tanaman ubi kayu juga untuk mewujudkan ketahanan pangan dimasyarakat.
Serda Doni Martioni menyampaikan juga bahwa untuk mendapatkan hasil atau produksi maksimal dalam penanaman singkong, harus diperhatikan dalam penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, jarak tanam, penyiangan rumput hingga pemupukan dengan waktu yang tepat..

Dalam perkembangan penyemaian bibit ubi kayu saat ini, ubi kayu sudah memasuki umur sekitar lebih kurang 53 hari dari proses penanaman," sambungnya. 

"Oleh karena itu, kita sebagai aparat teritorial dituntut untuk selalu berperan aktif dalam hal yang berkaitan dengan pertanian, agar mendapatkan hasil atau produksi yang maksimal khusunya dalam budidaya penanaman ubi kayu," pungkas Serda Dono Martioni.(PENDIM0309). 


Posting Komentar

0 Komentar