Recent Post



Atasi Pertumbuhan Dari Gulma, Babinsa Bersama Petani Lakukan Penyemprotan Hama Tanaman Bawang Merah.

SOLOK, BN-News-Babinsa Koramil 10/Lembah Gumanti Kodim 0309/Solok, Serka Ajis Hartim melaksanakan kegiatan penyemprotan gulma pada lahan yang akan di tanami bawang merah, dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif di bidang pertanian bawang merah. 

Lokasi penanaman bertempat di Jorong Parak Tabu, Nagari Sungai Nanam
Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sabtu (15/10/2022). 

Kegiatan penanaman bawang merah ini masih dalam sedang proses pengolahan lahan yaitu penyemprotan gulma, dengan jumlah 105 kg bibit bawang merah, luas lahan 40 x 25 M, yang bekerja sama masyarkat petani produktif bapak Kandar.

Gulma merupakan salah satu masalah dalam kegiatan budidaya tanaman bawang merah. Gulma bersaing dengan tanaman bawang merah terhadap cahaya, nutrisi, air dan tempat tumbuh sehingga perlu dikendalikan dengan berbagai cara pengendalian gulma.
Serka Ajis Hartim menjelaskan gulma sering disebut sebagai tumbuhan pengganggu yang pada umumnya tumbuh di waktu dan tempat yang tidak tepat. Kemampuan beradaptasi yang tinggi di segala kondisi lingkungan akan menjadikan ancaman serius bagi tanaman budidaya. 

Lanjutnya, "gulma dapat berasosiasi dengan gulma lainnya dan menurunkan hasil panen jika tidak ada pengendalian. Pengendalian gulma dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu pengendalian dengan cara manual, mekanis, kultur teknis, hingga kimia," ungkapnya. 

Dalam mengatasi gangguan dari gulma , tujuan dari pendampingan ini Babinsa terus memberikan motivasi dan dorongan semangat agar petani tidak mengeluh dan putus asa. Dan berupaya membantu para petani dalam mengatasi masalah yang dihadapi.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar