Recent Post



Tingkatkan Usaha Masyarakat Produktif, Babinsa Berikan Motivasi Budidaya Tanaman Semangka.

SOLOK, BN-News-Koptu Aldori Don Parta Babinsa Koramil 04/Payung Sekaki bersama masyarakat bapak Jul melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu penanaman semangka dengan luas lahan 20 m x 30 m di Nagari Sirukam, Kec. Payung Sekaki, Kab. Solok, Sabtu (24/9/2022). 

Budidaya tanaman semangka memiliki prospek yang bagus. Pasalnya buah ini memiliki banyak peminat karena rasanya yang enak.

Selain memiliki rasa yang enak, buah semangka juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat buah semangka yang sudah terkenal antara lain; mengatasi sembelit, mencegah dehidrasi, dan menurunkan darah tinggi.

Koptu Aldori Don Parta mengatakan, kegiatan ini sudah berjalan selama 10 hari mulai tanggal 13 September 2022 dari rencana pengerjaan lahan baru sampai dengan sekarang untuk penanaman semangka.

"Untuk perkembangan Babinsa bersama bapak Jul melaksanakan penggemburan tanah setelah dicangkul dan ditaburkan pupuk kandang supaya humus tanah kembali subur," ujarnya.
Semangka tergolong dalam jenis labu-labuan, karena bentuk buahnya bulat dan tumbuh merambat. Indonesia merupakan negara yang sangat cocok untuk menanam buah semangka, karena iklim di Indonesia sesuai dengan syarat tumbuh tanaman hortikultura ini. 

Babinsa juga menyampaikan, semangka termasuk tanaman semusim dengan umur panen yang relatif singkat. Hasil panen semangka akan maksimal jika proses budidaya dilakukan dengan benar.

Babinsa berharap dengan melaksanakan pendampingan tersebut agar terjalinnya silaturahmi yang baik kepada masyarakat binaan, guna untuk menjalin keakraban dan mendukung kegiatan Babinsa dalam menjalankan tugas didesa, dan mendorong masyarakat yang lainnya agar lebih meningkatkan lagi tananam semangka untuk menambah penghasilan masyarakat.

“Harapannya ini bisa menjadi contoh para petani lain agar lebih tekun dalam memanfaatkan lahan atau kebun yang masih belum produktif untuk di tanami semangka maupun sayuran,” harap Babinsa.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar