Recent Post



Percepat Proses Pengolahan Lahan Bawang Merah, Babinsa Lakukan Pengemburan Tanah Sebelum Penanaman.

SOLOK, BN-News-Untuk mencapai target hasil produksi tanaman berbagai upaya dilakukan, salah satunya dengan kegiatan pendampingan kepada petani. Serda A.L Manurung Babinsa Koramil 10/Lembah Gumanti Kodim 0309/Solok, melaksanakan Kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang Pertanian yaitu tanaman bawang merah seluas 20 x 40 meter. 

Kegiatan P3MP (Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif) ini bekerjasama dengan warga masyarakat binaan Gusniadi di Jorong Alahan panjang, Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Senin (5/9/2022). 

Sesuai petunjuk Dandim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik melalui Plh. Danramil 10/Lembah Gumanti Letda Inf Irwan Can mengatakan bahwa, Sebagai Satkowil (Satuan Komando Kewilayahan) dalam mendukung program Ketahanan Pangan (Hanpangan) adalah dengan mendampingi dan membantu warga petani untuk mengolah lahan pertanian yang berada di Desa atau Nagari binaan.

“Dengan keterlibatan Babinsa diharapkan produktifitas hasil pertanian akan meningkat secara signifikan, dan tentunya dapat membantu perekonomian masyarakat di wilayah," ujar Letda Inf Irwan Can. 
Serda A.L Manurung dalam pelaksanaan kegiatan hari ini minggu keempat melaksanakan pengolahan lahan dan digemburkan kembali dan pemasangan mulsa sebelum penanaman bawang merah, dan rencana penanaman bawang merah akan dilaksanakan setelah selesai digemburkan dan pemasangan mulsa. 

Penggemburan tanah yang dilakukan agar mempercepat proses penanaman, penyiapan lahan pertanian dan perawatan hingga pelaksanaan panen bertujuan untuk memotivasi serta mendorong petani untuk mengoptimalkan hasil panen, guna meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan para petani,” imbuhnya.

"Terlihat Babinsa sangat antusias dan bersemangat dalam membantu petani walaupun hanya menggunakan alat manual, tetapi tidak membuat Babinsa patah semangat," sambungnya. 

Dengan keterlibatan Koramil jajaran Kodim 0309/Solok, diharapkan produktifitas hasil pertanian akan meningkat secara signifikan, dan tentunya dapat membantu perekonomian masyarakat," tutup Danramil.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar