Recent Post



Lakukan Perawatan Rutin, Babinsa Bantu Petani Jagung Pioneer Cabuti Rumput Disekitar Tanaman.

SOLOK, BN-News-Koptu Nikmat Babinsa Koramil 12/Sangir kodim 0309/Solok,  bersama masyarakat melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (P3MP) dibidang pertanian, yaitu penanaman Jagung Pioneer Seluas  25 m x 30 m di Jorong Bukit Melintang Barat, Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan, Sabtu (10/9/2022). 

Jagung merupakan jenis tanaman pangan yang menghasilkan karbohidrat. Tanaman jagung menjadi bahan pangan pokok di sebagian belahan dunia. Selain itu, jagung juga menjadi bahan pangan olahan, misalnya minyak jagung, bahan dasar tepung maizena, bioenergi, bahan kosmetik, hingga untuk kebutuhan pangan ternak.

Koptu Nikmat mengatakan bahwa perawatan tanaman jagung sangat penting dilakukan untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman yang optimal. Perawatan dan pemeliharaan ini mulai dilakukan, sejak tanaman jagung masih dalam fase bibit hingga mencapai dewasa.

"Untuk menghasilkan jagung yang berkualitas baik, diperlukan perawatan dan pemeliharaan tanaman setelah bibit ditanam," lanjutnya. 
Salah satu sebab kegagalan panen adalah serangan hama dan penyakit. Oleh karenanya perlu dilakukan antisipasi serangan dengan pencegahan yang lebih baik daripada pengobatan. Jika serangan sudah terjadi, sebaiknya lakukan pengendalian sesuai dengan jenis hama yang menyerang.

Sama halnya yang dilakukan Babinsa bersama petani kegiatan penanaman jagung pioneer yang sudah berjalan selama 6 minggu 5 hari mulai dari penanaman bibit, sampai dengan sekarang. 

"Dengan melakukan pembersihan rumput di gang-gang jagung dan perawatan yang dilaksanakan secara rutin, supaya hasil yang dicapai bisa maksimal.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar