Recent Post



Dorong Semangat Warga Peternak Bebek Petelur, Babinsa Bantu Lakukan Pengutipan Telur Bebek.

SOLOK, BN-News-Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, Sertu Syondesrial melaksanakan kegiatan rutin pemeliharaan bebek petelur, Dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang Peternakan. 

Bekerja sama dengan masyarakat binaan yang menjadi mitra kerja bapak Junaidi, berlokasi di Jorong Rawang Nagari Pasir Talang Barat, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan, Selasa (6/9/2022). 

Kegiatan pengutipan telor pagi ini yang dilakukan Babinsa bersama bapak Junaidi dengan jumlah 15 butir. 

Dengan masa pemeliharaan sampai saat ini 150 hari dan sudah bertelur (panen) selama 15 hari dengan jumlah telor 10 sampai dengan 30 butir per hari. Pemeliharaan dan pemberian pakan tambahan bebek ini diambil dari nasi bekas sisa rumah makan.

Sebagaimana diketahui ternak bebek merupakan salah satu pemberdayaan ekonomi masyarakat yang cukup menguntungkan dimana selain ayam, bebek diketahui sebagai salah satu ternak unggas penghasil telur yang cukup potensial.
“Selain harga telur bebek yang lebih mahal dari telur ayam, kandungan nutrisi dalam telur bebek juga lebih tinggi dibandingkan telur ayam,” terang Babinsa.

Menurut Sertu Firdaus, usaha yang dilakukan oleh bapak Junaidi dalam membudidayakan bebek petelur sebagai usaha sampingan dalam meningkatkan perekonomian keluarga sangat baik.

Babinsa ini juga menjelaskan, bahwa beternak bebek jenis petelur harus diperhatikan beberapa perawatan diantaranya kebersihan kandang harus terjaga, pemberian pakan yang cukup dan tepat serta pemberian vitamin kepada ternak.

“Kami sebagai Babinsa selalu memberikan dorongan dan motivasi kepada warga dalam hal ini kepada peternak bebek petelur, khususnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Babinsa.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar