Recent Post



Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Yang Tergabung Dalam Satgas PMK, Laksanakan Sosialisasi PMK.

SOLOK, BN-News-Babinsa Koramil 06/Singkarak Serda Parizal Sani dan Babinsa Koramil 01/Kota Solok Serda Eka Sandra Kodim 0309/Solok, serta Bhabinkamtibmas yang tergabung dalam Satgas PMK Prov. Sumatera Barat.

Pada hari Jum'at tanggal 23 September 2022. Melaksanakan Sosialisasi tentang PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dan memberi Brosur ke Masyarakat yang berternak sapi dan kambing di wilayah Kodim 0309/Solok.

Tim Yang terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas penyuluh perternakan meninjau langsung kelapangan. Tujuan untuk melihat kondisi ternak masyarakat yg ada di wilayah Kota Solok, apakah masih ada yang terjangkit PMK dan penyakit lain nya seperti penyakit cacar yang menjadi keluhan masyarakat peternak saat menghadapi bila sapi dan kambing mereka mengalami sakit.

Babinsa menjelaskan, Dalam mengantisipasi penyebaran PMK di wilayah desa binaan, dirinya bersama Bhabinkamtibmas dan Petugas Dinas Peternakan Trenggalek rutin berkeliling mengadakan pemeriksaan dan pemberian vaksin hewan ternak milik warga serta membagikan brosur kepada warga sekitar. 
“Kami bersama petugas Satgas PMK rutin mendatangi para pemilik ternak hewan dan melakukan pemeriksaan serta penyuntikan vaksin pada ternak sapi dan kambing milik warga. Hal ini kami lakukan untuk meminimalisir adanya penyebaran PMK di wilayah desa binaan,” ujar Babinsa. 

Dalam Sosialisasi Babinsa juga memberikan himbauan dan edukasi kepada para peternak sapi dan kambing untuk selalu menjaga kebersihan kandang, karena dengan menjaga kebersihan kandang ternak merupakan salah satu upaya untuk pencegahan penyebaran wabah PMK.

“Upaya pencegahan lebih diutamakan karena dengan pencegahan lebih evektif dari pada mengobati hewan ternak yang telah terjangkit PMK mengingat dampak dari PMK tersebut sangat buruk dan sangat merugikan peternak,” pungkasnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar