Recent Post



Babinsa Bantu Petani Melakukan Penyemprotan Hama Pada Tanaman Bawang.

SOLOK, BN-News-Serda Raslani Babinsa Koramil 02/Lembang Jaya Kodim 0309/Solok, bersama masyarakat melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu penanaman bawang seluas 10 x 15 M di Nagari Batu Banyak, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Kamis (1/9/2022). 

Serda Raslani mengatakan bahwa pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa dapat memotivasi para petani untuk lebih giat lagi dalam bercocok tanam sehingga hasil panen akan semakin meningkat dengan sendirinya dan akan menambah pendapatan para petani. 

“Saat ini jenis tanaman yang di kembangkan adalah penanaman bawang merah yang memanfaatkan lahan produktif kemudian pengolahan lahan dan dilanjutkan dengan perawatan rutin,” ucap Serda Raslani. 

Untuk pengembangan tanaman bawang ini Serda Raslani Babinsa Batu Banyak bersama petani binaan melaksanakan kegiatan perawatan penyemprotan tanaman bawang untuk menjaga dari serangan hama ulat dengan usia tanam lebih kurang 44 hari.
Babinsa menyampaikan, tanaman bawang ini tidak luput dari serangan hama gulma penganggu, untuk mengatasi gulma biasanya dilakukan penyemprotan hama. 

Tujuan dari penyemprotan hama adalah supaya tanaman bawang bisa tumbuh normal tanpa ada gangguan atau sejenis parasit yang merugikan, karena tanaman yang terserang hama tersebut dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman bawang. 

Budidaya bawang mempunyai banyak jenis hama dan penyakit, namun yang paling sering menyerang di sentra-sentra produksi adalah hama ulat dan penyakit layu.

“Semoga kegiatan pendampingan yang dilakukan dapat bermanfaat untuk masyarakat lain dan khusus nya warga Nagari Batu Banyak dalam budidaya tanaman bawang untuk dapat mempertahankan ketahanan pangan, dan meningkatkan perekonomian warga setempat,” ungkapnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar