Recent Post



Tingkatkan Swasembada Pangan Babinsa Bantu Panen Tanaman Bawang Merah.

SOLOK, BN-News-Sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil), guna mendukung dan mensukseskan Program Pemerintah tentang Swasembada Pangan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seorang Babinsa.

Babinsa Koramil 10/Lembah Gumanti Kodim 0309/Solok, Serda Algozi melaksanakan kegiatan Inovatif bersama masyarakat binaan Bapak Asep dalam rangka P3MP (Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif) dibidang pertanian di Jorong Alahan Panjang Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Selasa (2/8/22). 

Lahan seluas 20x50 M yang ditanami bawang merah dan sekarang tanaman bawang dalam masa panen dan pemanenan bawang sudah dilaksanakan hari kedua.

Bawang merah merupakan salah satu jenis tanaman yang menjadi salah satu bumbu andalan berbagai masakan dan bawang merah juga dapat digunakan untuk obat tradisional.

"Selain dapat digunakan menjadi bahan bumbu makanan dan obat tradisional, budidaya bawang merah ini juga menjadi ladang bisnis yang lumayan menguntungkan, karna harga dari jual beli dipasaran saat ini terbilang lumayan tinggi," tuturnya. 
Pendampingan yang dilakukan mulai dari merawat hingga pelaksanaan panen bertujuan untuk memotivasi dan mendorong petani untuk mengoptimalkan hasil panen, guna meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan para petani. 

Babinsa Nagari Alahan Panjang Koramil 10/Lembah Gumanti ini mengatakan pelaksanaan panen sekarang cukup mendapatkan hasil yang memuaskan seperti apa diharapkan para petani. 

Ia juga menambahkan, "dengan setelahnya melaksanakan panen ini agar petani dapat menggarap lahannya kembali untuk ditanami tanaman yang produktif, sehingga lahan tidak menjadi terbangkalai dan bisa digunakan untuk bercocok tanam," imbuhnya. 

"Selaku pemilik lahan, Asep mengatakan, Dengan hadirnya Babinsa ditengah-tengah petani dirasa sangat membantu. Memotivasi serta memberi semangat kepada para petani khusunya kami petani bawang merah, sehingga kami bisa menikmati hasil panen bawang merah dengan hasil yang memuaskan dan dapat juga meningkatkan perekonomian sehari-hari,” ungkapnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar